Tumbuhan Menyesuaiakan Diri untuk Melindungi Diri dari Musuhnya

Posted on

Tumbuhan memiliki perlindungan diri untuk menghindari musuhnya. Cara tumbuhan dalam melindungi diri tentu saja berbeda-beda. Bagaimana cara tumbuhan dalam melindungi dirinya? Nah, berikut ini adalah contoh-contoh dari bentuk perlindungan diri pada tumbuhan.

Tumbuhan Melindungi Diri menggunakan Duri

Tumbuhan yang melindungi dirinya menggunakan duri misalnya seperti salak, mawar, dan bunga bugenfil. Duri tersebut akan melukai musuh yang akan mengganggunya seperti hewan. Duri tersebut dapat terletak pada bagian batang, daun, maupun buahnya.

Tumbuhan Melindungi Diri dengan Getah

Tumbuhan yang melindungi diri menggunakan getahnya misalnya seperti mangga, pepaya, dan sawo. Getah tersebut dapat melekat pada kulit hewan yang hendak memakannya. Apabila hewan tersebut terkena getah tumbuhan maka akan menjadi rusak dan kadang-kadang dapat mengakibatkan hewan susah bergerak. Beberapa tanaman yang memiliki perlindungan berupa getah juga dapat menyebabkan penyakit kulit.

PELAJARI:  Gangguan Alat Pencernaan Manusia

Tumbuhan Melindungi Diri dengan Bulu Halus

Tumbuhan yang memiliki perlindungan berupa bulu halus adalah tunas bambu. Tunas bambu tersebut mempunyai bulu-bulu halus atau dapat disebut sebagai gelugut. Perlu kamu ketahui bahwa gelugut bisa menyebabkan gatal-gatal apabila mengenai kulit. Gelugut tersebut memiliki fungsi untuk melindungi tunas bambu agar dapat tumbuh menjadi bambu tua.

Tumbuhan Melindungi Diri dengan Daun yang Tajam

Tumbuhan yang melindungi diri menggunakan daun yang tajam adalah nanas. Nanas mempunyai daun-daun yang tajam. Dengan bentuk daun yang tajam tersebut maka nanas dapat tumbuh dan berkembang tanpa gangguan dari hewan. Selain itujuga dapat melindungi buah dari serangan hewan yang akan memakannya.

PELAJARI:  Mengenal Peninggalan Sejarah di Indonesia

Tumbuhan Melindungi Diri dengan Racun

Ada juga tumbuhan yang dapat melindungi dirinya menggunkan racun. Beberapa tumbuhan yang dapat melindungi diri menggunakan racun adalah jarak dan kecubung. Racun yang terdapat pada tanaman jarak dan kecubung memiliki fungsi untuk melindungi diri dari gangguan hewan dan manusia. Racun dari tanaman jarak tersebut bisa mematikan hewan yang memakannya sedangkan getah dari kecubung dapat menyebabkan gatal-gatal di kulit.