Teori Tentang Gas Ideal

Posted on

Gas adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sekarang ini. Gas biasanya kita manfaatkan sebagai bahan bakar ataupun sebagai pengganti minyak tanah untuk menghidupkan kompor dan kemudian menggunakannya untuk memasak suatu masakan ataupun untuk merebus bahan makanan.

Namun pernahkah anda berpikir tentang teori apa yang terdapat di dalam gas tersebut, nah mari kita bahas bersama-sama tentang teori untuk gas ideal.

Teori untuk gas ideal dimulai dari teori kinetik, teori kinetik ini menjelaskan tentang sifat-sifat mikroskopik gas, seperti misalnya tekanan, suhu atau volume dengan memperhatikan suatu komposisi molekular mereka dan juga gerakannya. Intinya sendiri merupakan tekanan tidak ditentukan oleh denyut-denyut statis diantara molekul-molekul, seperti yang telah dikatakan oleh isaac newton, melainkan disebabkan oleh tumbukan antarmolekul yang bergerak pada kecepatan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

PELAJARI:  Pengertian Hukum Newton I, II, III dan Beserta Contohnya

Teori kinetik dikenal pula dengan nama lain teori kinetik molekular ataupun teori tumbukan ataupun juga teori kinetik pada gas. Sedangkan teori untuk gas ideal sendiri terdiri dari beberapa asumsi maupun suatu anggapan, diantaranya adalah sebagai berikut,

1. Gas terdiri dari beberapa partikel yang memiliki ukuran yang tergolong sangat kecil dengan massa tidak nol.

2. Jumlah molekul sangatlah banyak, sehingga suatu perlakuan statistika dapat diterapkan dalam hal ini.

3. Molekul-molekul yang ada biasanya bergerak secara konstan sekaligus acak dalam waktu yang relatif bersamaan. Partikel-partikel tersebut bergerak dengan sangat cepat, sehingga akhirnya bertumbukan dengan dinding-dinding wadah.

4. Tumbukan-tumbukan yang terjadi pada partikel gas terhadap dinding wadah bersifat elastis maupun bersifat sempurna.

PELAJARI:  Ayo Belajar tentang Gaya Magnet dan Contoh-contohnya

5. Interaksi antarmolekul dapat diabaikan, mereka tidak mengeluarkan gaya satu sama lain, kecuali jika tumbukan tersebut terjadi.

6. Keseluruhan volume molekul-molekul suatu gas individual dapat diabaikan bila dibandingkan dengan volume dalam wadah.

7. Molekul-molekul berbentuk bulat sempurna dan juga bersifat lentur.

8. Energi kinetik rata-rata partikel hanya bergantung pada suhu sistem.

9. Efek-efek relativistik dan juga efek-efek mekanika kuantum dapat diabaikan.

10. Waktu selama terjadinya sebuah tumbukan molekul dengan dinding wadah dapat diabaikan saja karena berbanding lurus dengan waktu selang antar tumbukan.

11. Persamaan-persamaan gerak molekul berbanding terbalik dengan waktu.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai teori tentang gas ideal. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.

PELAJARI:  Penerapan Konsep Impuls pada Lapisan Lunak