Memahami Makna Sila Pancasila dan Contoh Pengamalannya

Melalui kesempatan kami kali ini akan memberikan pembahasan tentang pengertian makna sila – sila Pancasila beserta contohnya.

Pancasila merupakan suatu pandangan hidup berbangsa dan menjadi dasar dari negara Republik Indonesia.

Pancasila adalah sumber kejiwaan dalam masyarakat di Indonesia. Maka dari itu manusia – manusia Indonesia menjadikannya sebagai sebuah pengalaman yang muncul sebagai perjuangan utama dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Makna Sila Pertama Pancasila dan Contohnya

Makna sila pertama dalam Pancasila merupakan salah satu bentuk keyakinan yang mendasar dari kesadaran manusia sebagai salah satu mahkluk Tuhan yang beradab.

 

Sila pertama Pancasila mengandung beberapa makna antara lain kebebasan dalam melakukan ibadah menurut kepercayaan masing – masing, toleransi diantara umat beragama, kebebasan di dalam memeluk agama berdasarkan keyakinan masing – masing, ketakwaan terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa, dan keyakinan terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh dari pengaplikasian sila pertama Pancasila dalam kehidupan sehari – hari antara lain sebagai berikut :

  • Tidak ada pemaksaan kehendak seseorang untuk memeluk agamanya masing – masing.
  • Memiliki perilaku menghormati antara sesame umat beragama.
  • Menjalankan perintah – perintah agama sesuai dengan syariat dan ajaran yang dianut masing – masing individu.
  • Mempercayai dan takwa terhadap keberadaan Tuhan sesuai dengan ajaran – ajaran agama yang dipeluk oleh masing – masing individu. 

Makna Sila Kedua Pancasila dan Contohnya

Sila kedua dari Pancasila ini berisikan cita – cita luhur dari sisi kemanusiaan yang bersumber kepada hakikat manusia itu sendiri.

Makna yang terkandung dalam sila kedua Pancasila adalah ramah tamah di dalam kehidupan bermasyarakat, jaga kepercayaan dari orang lain, lakukan kebaikan demi kebenaran, berani dan tegar dalam membela keadilan dan kebenaran, hindari sikap semena – mena terhadap orang lain, gemar melakukan kegiatan – kegiatan sosial, nilai – nilai kemanusiaan yang dijunjung tinggi, sikap saling mencintai sesama manusia dan kembangkan sikap tenggang rasa.

BACA:  Pengertian, Contoh, Jenis-jenis dan Proses Pembentukan Karakter

Contoh dari pengaplikasian sila kedua dari Pancasila dalam kehidupan sehari – hari antara lain sebagai berikut :

  • Hak dan kewajiban yang pelaksanaannya dijaga keseimbangannya.
  • Memiliki keberanian guna menyampaikan kebenaran dan menegur setiap tindakan kesalahan yang dilakukan oleh seseorang sesuai dengan adat dan hukum yang sedang berlaku di dalam masyarakat bersangkutan.
  • Sikap saling menghargai masing – masing perbedaan yang ada di tengah masyarakat terdiri dari banyak suku, ras, agama, dan adat – istiadat.
  • Menjaga kesopanan, kebaikan budi pekerti, dan kehalusan anda dalam beragam kondisi.
  • Dilarang melakukan tindakan diskriminasi terhadap siapapun.

Makna Sila Ketiga Pancasila dalam Kehidupan Sehari – hari

Bunyi dari sila ketiga ini memiliki makna tersendiri yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa makna yang tersimpan dalam sila ketiga dari Pancasila antara lain menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air, menjaga dan memelihara ketertiban umum, mengorbankan diri guna terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa, dan persatuan bangsa menjadi prioritas utama.

Selanjutnya pengertian dari sila ketiga ini bisa dihubungkan ke dalam dunia internasional adalah senantiasa mampu menjalankan tata tertib dengan menegakkan hukum yang berlaku di dunia serta memprioritaskan terjaganya persatuan diantara mereka.

Makna Sila Keempat Pancasila dalam Kehidupan Sehari – hari

Sila keempat ini mengandung arti bahwa kerakyatan di dalamnya dapat mewakili semangat demokrasi yang menjadi dasar terbentuknya pemerintahan yang kokoh di negara Indonesia.

Sebuah sistem demokrasi yang saat ini sudah diberlakukan di Indonesia tetap saja memiliki perbedaan dengan yang ada diluar negeri.

BACA:  Nilai-Nilai yang diterapkan untuk Menghadapi MEA

Saat ini di Indonesia sudah menerapkan sebuah sistem demokrasi Pancasila guna melaksanakan kedaulatan rakyatnya.

Sila keempat ini khusus menginginkan adanya segala bentuk kegiatan pemerintahan diperuntukkan sebesar – besarnya untuk kepentingan rakyat sehingga akan menjadi sebuah kondisi dari rakyat untuk dapat mengawasi jalannya sebuah pemerintahan yang baik.

Makna Sila Kelima Pancasila dalam Kehidupan Sehari – hari

Sila kelima ini berhubungan dengan keadilan yang tentunya menjadi segala hal dicita – citakan oleh semua orang.

Karena seperti diketahui bahwa sejarah kemerdekaan Indonesia erat hubungannya dengan pengalaman pernah dijajah selama ratusan tahun menyebabkan keadilan menjadi sesuatu yang wajib untuk terus diperjuangkan oleh bangsa Indonesia.

Contoh pengamalan sila kelima Pancasila di dalam kehidupan sehari – hari adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan sebuah kepekaan sosial dengan menggelar kegiatan – kegiatan yang mampu membantu bangkitnya sesama seperti kegiatan bakti sosial, konser amal, donor darah, dan lain sebagainya.
  • Berusaha sebaik mungkin untuk bisa membantu orang – orang yang sedang mengalami kesusahan.
  • Semangat dan berani memperjuangkan keadilan baik itu untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain serta membantu orang lain untuk turut memperjuangkan keadilan itu sendiri.
  • Turut serta menghargai karya atau hasil karsa cipta dari orang lain.
  • Berusaha adil di dalam menjalankan segala kegiatan yang anda lakukan dan hindari memberikan suatu tindakan yang tidak adil.

Nah melihat penjelasan yang kami berikan tersebut di atas pada hakikatnya menyangkut segala aspek kehidupan setiap hari. Terselip pesan – pesan mengenai pribadi diri masing – masing warga negara yang memiliki tabiat baik serta berbudi luhur.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang bagaimana memahami makna sila Pancasila dan contohnya dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.