Sistem Syaraf Neuron

Sistem syaraf merupakan suatu sistem dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi utama untuk memberikan respons maupun memberikan tanggapan terhadap rangsangan maupun ikatan-ikatan impuls.

Untuk melaksanakan fungsinya dengan baik maka sistem syaraf ini dilengkapi dengan sel-sel syaraf yang disebut dengan neuron yang kemudian membentuk jaringan syaraf.

Sel neuron merupakan sebuah sel yang memiliki sifat untuk melanjutkan sebuah informasi, baik dari organ penerima ke pusat dalam susunan syaraf maupun sebaliknya yakni dari pusat dalam susunan syaraf kepada organ penerima.

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa sel neuron adalah sel yang memiliki tugas dan fungsi utama untuk menyampaikan maupun menyalurkan suatu informasi.

Sedangkan yang disebut dengan sel-sel neuroglia adalah sel yang memungkinkan terjadinya kegiatan suatu sel neuron juga merupakan suatu kelompok sel yang memberikan nutrisi pada sel neuron serta biasanya memberikan bahan apa saja yang diperlukan untuk kehidupannya.

PELAJARI JUGA:  Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Pada suatu mahluk tingkat tinggi misalnya pada hewan dan juga manusia, sistem koordinasinya dilakukan oleh sistem syaraf dan juga sistem hormonnya. Sistem syaraf biasanya disusun oleh jaringan-jaringan syaraf.

Dan sistem hormon merupakan suatu zat kimia yang dihasilkan oleh kalenjar yang disebut dengan kalenjar endokrin. Penyusun jaringan syaraf adalah sel-sel yang biasanya memiliki kemampuan maupun memiliki spesialisasi yang kemudian dibedakan lagi menjadi dua jenis yakni sel neuron dan juga sel neuroglia.

Sel neuron dibagi menjadi tiga bagian lagi yakni badan sel syaraf, yang merupakan bagian neuron yang plasmanya bergranula biasanya juga memiliki nukleus dan nukleolus.

Sedangkan neurit maupun akson adalah penjuluran panjang dari badan sel-sel syaraf yang berfungsi untuk membawa rangsangan dari suatu badan sel ke neuron lain.

Dan dendrit adalah penjuluran pendek dari badan sel yang berfungsi menerima suatu rangsangan. Sel neuron memiliki suatu selubung yang disebut dengan mielin.

PELAJARI JUGA:  Ciri Khusus pada Tumbuhan

Mielin ini berfungsi sebagai isolator maupun pelindung. Di bagian tertentu bagian akson yang Tidak terselubung disebut dengan nodus ranvier. selubung biasanya disusun oleh sel-sel yang disebut dengan sel schwan. Selubung pada selaput syaraf sebelah luar disebut dengan neurolema.

Sedangkan macam neuron menurut fungsinya dibagi menjadi tiga yakni neuron sensori maupun neuron aferen, neuron motorik dan juga neuron konektor.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai sistem syaraf neuron. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.