Pengertian dan Perbedaan Antara Cell Absolut dan Cell Relatif

Posted on

Membahas tentang Cell Absolut dan Cell Relatif, maka kita akan tertuju pada penggunaan microsoft excel karena keduanya adalah rumus standar dari microsoft excel. Pada saat anda melakukan peng-copy-an rumus, pasti anda akan melihat bahwa cell yang ditunjuk pada rumus selalu berubah-ubah menurut tempat peletakkan rumus. Seperti pada contoh dibawah ini :

pada contoh diatas, cell sumbernya adalah D1 dengan rumus =A1*C1. Lalu dicopy kebawah yaitu cell D2 maka rumus akan berubah menjadi =A2*C2, dan rumus di cell D3 menjadi =A3*C3, de-el-el.

Bila anda meletakkan ditempat yang lain, misalnya cell sumbernya D1 kemudian di copy ke F5 maka rumusnya menjadi =E5*C5. Jadi cell akan terus berubah searah peletakkan hasil copyan. Bila dicopy satu kolom kekanan maka cell pada rumus didalamnya pun akan bergeser satu kolom kekanan. Demikian pula bila mengcopy satu baris ke bawah, maka semua cell pada rumus akan berganti pula satu baris kebawah. Inilah yang disebut cell relative

PELAJARI:  Sambungan Internet Dial Up Connection

Sedangkan cell absolut yaitu cell dalam rumus yang tidak akan berubah-ubah meski pun di copy kemana-mana. Caranya hanya menempatkan karakter ” $ ” di awal penulisan pada kolom dan baris cell. perhatikan hal berikut :

1. $A$1 : kolom dan baris absolut dan tidak akan berubah meski dipindah
2. $A1 : kolom absolut sedangkan baris tidak.
3. A$1 : kolom dapat berubah-ubah sedangkan baris tidak
4. A1 : kolom dan baris dapat berubah (cell relatif)

Contoh :

Pada contoh diatas, cell D1 diisi dengan rumus =A$1*C1, maka ketika di copy kebawah, kolom dapat berubah sedangkan baris tetap. yaitu A$1*C2, A$1*C3 dan seterusnya.

Saat Anda telah mengusai cell relatif dan absolut, maka hal tersebut akan membuat anda lebih cepat dalam melakukan pengcopy-an rumus.