Karakteristik Dasar Wirausahawan

Posted on

Pada jaman sekarang ini hanya seseorang yang kreatif yang dapat hidup dengan maju. Termasuk dalam hal karir, jika dulunya orang hanya menjadi seorang pegawai di perusahaan maka sekarang seseorang harus membuka peluang bisnisnya jika ingin maju dan juga hidup dengan sukses.

Contohnya adalah seseorang yang memiliki bisnis di bidang kuliner, untuk mengembangkan bisnis kulinernya dia harus melakukan inovasi dalam hal jenis makanan dan juga dalam hal rasa, misalnya adalah adanya makanan dari luar negeri misalnya adalah seperti makanan nasi goreng khas pattaya asal thailand, nama makanannya akan menarik perhatian customer dan akhirnya mereka penasaran dan ingin membelinya.

Seorang wirausahawan juga harus memiliki beberapa ciri maupun kharakteristik dasar yang harus mereka miliki agar bisnis mereka sukses dan berjalan dengan lancar. Apa saja ciri dan kharakteristik dasar wirausahawan tersebut ? yuk, mari kita cari tahu bersama.

PELAJARI:  Teknik - Teknik Pengukuran Tanah

Beberapa ciri maupun kharakteristik dasar yang harus ada tersebut ialah karakter seperti inisiatif, disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif serta mandiri dan juga realistis.

Inisiatif ialah prakarsa maupun ikhtiar dalam membuka suatu peluang maupun membangun suatu kegiatan yang berguna bagi dirinya sendiri dan juga bagi orang lain.

Hal selanjutnya adalah disiplin dalam menjalankan kehidupan dan juga bisnisnya, seorang wirausahawan dituntut untuk memiliki sikap disiplin yang tinggi. Kedisiplinan ini harus diterapkan dalam segala hal sesuai dengan usaha dan juga bisnis yang sedang dijalankan.

Seorang wirausahawan juga dituntut untuk memiliki komitmen tinggi dalam setiap segi kehidupannya dan ketika sedang menjalankan bisnisnya.

PELAJARI:  Ciri - Ciri Struktur Organisasi Fungsional

Sedangkan jujur adalah perilaku utama yang harus ditonjolkan oleh seorang wirausahawan untuk membangun suatu kepercayaan maupun kredibilitas dari semua pihak antara lain mitra kerja, kreditor dan juga pelanggan.

Ciri selanjutnya adalah kreatif dan juga inovatif, wirausahawan harus memiliki kreatifitas ataupun daya cipta yang relatif tinggi, intuisi yang kuat, wawasan yang sangat luas, prakarsa maupun inisiatif yang relatif tinggi sehingga mampu menjadi pribadi yang inovatif.

Dan yang terakhir wirausahawan juga harus memiliki sikap hidup yang mandiri, dinamis dan dapat memandang kehidupan serta perkembangan bisnis secara realistis.

Nah, demikianlah ciri-ciri maupun karakteristik dasar yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.