Sarana yang Diperlukan Dalam Proses Produksi

Sekarang orang lebih banyak yang membuka usaha sendiri ketimbang menjadi anggota dalam usaha orang lain. Namun jangan Anda mengira membuka usaha semudah Anda membalikan telapak tangan. Ada beberapa hal yang harus menjadi pendukung Anda untuk menunjang usaha Anda kedepannya.

Sebetulnya artikel ini dalam garis besarnya membahas seputar sumber daya usaha. Sumber daya usaha adalah sumber daya yang dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang berada disekitar agar menghasilkan suatu barang sehingga dapat di perjual belikan.

Dibawah ini ada beberapa unsur sumber daya usaha yang bisa disebut 6 M 1 I yang akan kami jelaskan. Apa saja sumber daya usaha itu? Berikut penjelasannya untuk Anda:

Man (Manusia)

SDM atau sumber daya manusia adalah sumber daya yang paling utama. Sebab dalam sebuah kegiatan usaha, manusia adalah faktor yang paling penting. Manusia adalah pelaku yang melaksanakan proses kerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Money (Uang)

Uang adalah faktor yang dibutuhkan untuk membiayai semua kebutuhan yang diperlukan selama proses produksi. Seperti untuk membayar pembelian bahan baku yang akan diolah, perawatan mesin produksi atau pun untuk menggaji para karyawan.

PELAJARI JUGA:  Syarat - Syarat Proposal Usaha Yang Baik Dan Representatif

Material (Bahan)

Material adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses produksi sebuah usaha. Material terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi. Biasanya para wirausahawan menggunakan bahan setengah jadi untuk diolah menjadi bahan setengah jadi. Biasanya para wirausahawan mencari bahan mentah yang paling murah harganya dan kemudian diolah menjadi bahan jadi untuk dijual.

Machine (Peralatan)

Machine berasal dari bahasa inggris yang berarti mesin. Mesin adalah salah satu sarana yang sangat diperlukan dalam sebuah proses produksi. Saat ini, seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi yang ada semakin canggih. Alat-alat yang mendukung proses produksi pun juga turut menjadi lebih canggih, sehingga dapat menghemat biaya dan tenaga.

Metode (Cara Kerja)

Method berasal dari bahasa inggris yang artinya metode. Metode adalah penetapan cara kerja atau tips-tips untuk tercapainya tujuan dalam sebuah proses produksi.Dalam sebuah proses produksi diperlukan sebuah metode yang dapat membimbing seorang wirausahawan menghasilkan produk yang baik. Tanpa sebuah metode, sang wirausahawan tidak akan mendapat petunjuk untuk melaksanakan proses produksi, akibatnya produk yang dihasilkan tidak memuaskan.

PELAJARI JUGA:  Ciri - Ciri Struktur Organisasi Fungsional

Market (Pasar)

Market atau pemasaran menjadi tujuan akhir seorang wirausahawan. Pemasaran menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah proses produksi. Karena apabila pemasaran tidak berjalan lancar, modal produksi tidak akan kembali, dan proses produksi pun terpaksa dihentikan. Artinya proses kerja tidak akan berlangsung. Jika proses produksi di hentikan, sang wirausahawan akan kehilangan pekerjaannya. Oleh kerena itu, sang wirausahawan harus dapat mengetahui produk seperti apa yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen, sehingga produk yang dihasilkannya bisa terjual dengan baik.

Information (Informasi)

Informasi juga dibutuhkan agar proses produksi menjadi lebih sempurna. Proses produksi tidak akan berkembang dengan baik jika tidak memiliki informasi dari luar. Baik dari orang yang lebih berpengalaman, maupun dari berbagai media, seperti : internet, buku, majalah maupun koran.