Pengertian Simbiosis Komensalisme Serta Contohnya

Posted on

Dalam suatu area lingkup ekosistem pastinya terdapat beraneka macam komponen biotik dan abiotik yang saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Adanya interaksi antara komponen biotik dan abiotik di dalam suatu lingkungan tentu akan menimbulkan suatu simbiosis. Dimana di area lingkup biologi sendiri terdapat macam macam simbiosis, mulai dari yang saling untung sampai untung satu pihak saja.

Dalam artikel ini, kami mencoba membahas sedikit perihal contoh simbiosis komensalisme. Namun sebelum itu, kita akan mencoba mengupas pengertiannya secara singkat terlebih dahulu.

Pengertian simbiosis komensalisme adalah simbiosis atau interaksi yang berjalan pada 2 makhluk hidup atau organisme dengan jenis yang berbeda. Dimana pada simbiosis ini salah satu pihak akan diuntungkan dan pihak lainnya tidak dirugikan. Dibawah ini kita mengambil salah satu contoh yaitu tumbuhan sirih dengan Inangnya.

PELAJARI:  Sebab-Sebab Terjadinya Perubahan Pada Benda

Simbiosis Komensalisme Antara Sirih dengan Inangnya

Tumbuhan sirih mempunyai nama latin Piper Betle yang merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap ditemukan di lingkungan sekitar kita. Tanaman ini merupakan salah satu contoh dari simbiosis komensalisme. Dalam hal ini tumbuhan sirih akan tumbuh dengan cara merambat dan menyesuaikan dengan tanaman yang ditempatinya atau tanaman inangnya.

Tujuan tumbuhan sirih selanjutnya tidak lain adalah untuk mendapatkan sinar matahari yang memadai agar bisa dilakukan proses fotosintesis pada tumbuhan. Hal ini pastinya akan memberi tambahan keuntungan bagi tanaman sirih, akan tetapi tidak memberi dampak apa pun bagi tanaman inangnya.