Alasan Sejarah dapat Memperkokoh Rasa Kebangsaan

Posted on

Sejarah itu bukanlah sekedar ilmu namun perbuatan manusia. Sejarah bukanlah sesuatu yang timbul di luar usaha manusia. Belajar sejarah, artinya kita mempelajari riwayat tokoh-tokoh besar dimasa silam dengan maksud mencari teladan, yang mungkin dapat ditiru. Sejarah tidak dihafal, melainkan dipelajari; artinya dicari latar belakang suatu kejadian, dipahamkan sebab musababnya, dihubungkan antara suatu dengan kejadian dan peristiwa lain. dengan demikian tersusunlah akhirnya suatu pengertian tentang suatu kejadian.

Dalam kehidupan masyarakat, sejarah memiliki sejumlah kegunaan. Salah satu dari sekian kegunaan tersebut adalah memperkokoh rasa kebangsaan atau nasionalisme.

MENGAPA?

Mempelajari sejarah utamanya yang berkaitan dengan bangsa sendiri maka akan memperkuat ingatan kolektif mengenai hal-hal yang menjadikan bangsa kita menjadi satu. Ingatan kolektif inilah yang bisa menimbulkan rasa solidaritas serta mempertebal semangat nasionalisme atau kebangsaan.

PELAJARI:  Hubungan Kerajaan Medang Kamulan dengan Kerajaan Mataram Kuno

Seperti kita ketahui bahwa pada hakekatnya sebuah bangsa terdiri atas sejumlah kelompok sosial yang dari banyak segi mempunyai banyak perbedaan pula. Meski demikian, kelompok sosial ini bersatu dan membentuk sebuah bangsa disebabkan adanya persamaan sejarah di masa silam yang didukung persamaan keinginan untuk membentuk/membuat sejarah besar di masa yang akan datang.

Dengan belajar sejarah, seseorang akan mengenal dan mendalami lagi persamaan sejarah tersebut sehingga identitas berbangsa akan semakin kokoh dan kuat.

Selain dari itu sejarah itu merupakan kesadaran waktu yang dimaksud adalah kehidupan dengan segala perubahan, pertumbuhan, dan perkembanganya terus berjalan melewati waktu.

Mempelajari sejarah, seorang atau suatu bangsa akan bercermin dan menilai, baik peristiwa yang berupa prestasi maupun kegagalan. Peristiwa-peristiwa sejarah pada masa lalu, baik yang positif maupun negative dijadikan hikmah agar kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi tidak terulang lagi.

PELAJARI:  Hasil Pencapaian KMB di Belanda

Memperkokoh Rasa Kebangsaan

Suatu bangsa adalah suatu kelompok sosial yang ditinjau dari berbagai segi memiliki banyak perbedaan. Terbentuknya suatu bangsa disebabkan adanya kesamaan sejarah besar dimasa lampau dan adanya kesamaan keinginan untuk membuat sejarah besar bersama dimasa yang akan datang.

Memberikan Ketegasan Identitas Nasional dan Kepribadian Suatu Bangsa

Kepribadian dan identitas nasional suatu bangsa terbentuk dari keseluruhan pengalaman sejarah suatu bangsa tersebut.

Sumber Inspirasi

Pengetahuan dan cita-cita masa lampau dapat menjadi sumber inspirasi dalam rangka menumbuhkan cita-cita masa depan.

Sarana Rekreatif

Sejarah dalam bentuk kisah seringkali menjadi sumber bacaan yang mengasikan.