Contoh – Contoh Ekonomi Makro dan Mikro Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Ilmu Ekonomi Mikro berpasangan dengan Ilmu Ekonomi Makro. Secara umum, dapat dikatakan bahwa ekonomi makro berkosentrasi pada kegiatan ekonomi yang lebih luas daripada sekadar kegiatan permintaan dan penawaran barang.

Konsentrasi ekonomi makro meliputi pertumbuhan ekonomi, inflasi, tingkat pengangguran, kebijakan perekonomian, dan pengaruh yang ditimbulkan dari tindakan atau kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah (misalnya dalam hal pemungutan pajak, penghematan kas negara dan sebagainya).

Dalam Ilmu Ekonomi, ekonomi mikro merupakan salah satu cabang yang mempelajari tentang bagaimana prilaku konsumen dan produsen dalam hal menentukan harga pasar serta kuantitas barang dan jasa yang akan atau sedang diperjualbelikan.

Melalui ekonomi mikro, perubahan penawaran dan permintaan konsumen terhadap suatu barang akan terlihat berdasarkan prilaku dan kebijakan-kebijakan yang dibuat. Melalui ekonomi mikro pula dapat diketahui bagaimana besarnya peran harga dalam menentukan tingkat permintaan dan penawaran barang serta jasa.

Ilmu Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah studi tentang ilmu ekonomi secara keseluruhan. Ekonomi makro atau makroekonomi yang menjelaskan perubahan pada ekonomi yang mempengaruhi, rumah tangga (household), sampai pasar, perusahaan. Ekonomi makro sendiri dapat di pergunakan untuk menganalisis cara terbaik agar mempengaruhi target-target kebijaksanaan, misalnya stabilitas harga, tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari ekonomi makro, yaitu sebagai berikut:

Inflasi

Inflasi merupakan masalah yang pernah dihadapi pada tiap negara, masalah ini sangat dikaitkan dengan adanya kenaikan harga, karena harga merupakan indikator awal untuk penentu inflasi. Inflasi sendiri merupakan keadaan yang terdapat kecenderungan kenaikan harga-harga dengan umum dan terus menerus.

Pendapatan Nasional

Pada konteks ekonomi makro, tolak ukur untuk keberhasilan perekonomian pada suatu negara, yaitu anatara lain ialah pendapatan nasional. Definisi dari pendapatan nasional sendiri terdapat tiga yaitu sebagai berikut:

  1. Jumlah barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara pada periode tertentu.
  2. Jumlah balas dan jasa dari faktor-faktor produksi dalam periode tertentu
  3. Jumlah pengeluaran nasional untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan

Berdasarkan dari tiga definisi diatas, perhitungan pada pendapatan nasional dapat diakukan melalui tiga pendekatan yakni sebagai berikut

  1. Pendekatan produksi,
  2. Pendekatan pengeluaran, serta
  3. Pendekatan pendapatan.
Pertumbuhan Ekonomi

Merupakan suatu proses kenaikan pada pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan cara memperhitungkan dengan adanya pertambahan penduduk serta disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara.

Pembangunan ekonomi pun tidak dapat terlepas dari pertumbuhan ekonomi atau (economic growth), pembangunan pada ekonomi yang mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.

PELAJARI JUGA:  Mencari dan Menghitung Dividen pada Laporan Keuangan
Tingkat Pengangguran

Pengangguran merupakan salah satu masalah besar yang akan mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara. Pihak-pihak yang bisa disebut dengan pengangguran adalah seseorang yang belum mendapat pekerjaan ataupun yang sedang mencari sebuah pekerjaan. Pengangguran menjadi salah satu fokus kajian ekonomi makro karena jika tidak segera diselesaikan maka akan mempengaruhi kinerja perekonomian secara keseluruhan.

Kerjasama Antar Negara di Dunia

Kerjasama antar negara khsusunya dalam perekonomian dunia menjadi salah satu fokus kajian ekonomi makro, karena interaksi yang ada akan menghasilkan situasi dan kondisi yang baik dalam jalannya perekonomian suatu negara. Kerjasama ini contohnya ekspor dan impor. Interaksi antar negara dalam perekonomian dunia memiliki dampak baik ataupun buruk, hal ini bisa di analisis melalui neraca pembayaran ataupun tingkat nilai tukar uang. Untuk itu kerjasama antar negara di dunia perekonomian menjadi salah satu fokus kajian ekonomi makro karena akan mempengaruhi perekonomian secara menyeluruh.

Perjalanan Siklus Ekonomi

Siklus ekonomi diartikan sebagai perjalanan ekonomi suatu negara, pastinya ada naik turunnya. Mengapa siklus ekonomi menjadi kajian dari ekonomi makro, karena dampak-dampak yang ditimbulkannya memberikan dampak yang cukup besar. Misalkan adanya resesi ekonomi yang berjalan terus menerus akan membuat perekonomian suatu negara sulit menjalankan fungsinya. Sebaliknya akspansi yang berkepanjangan akan memancing terjadinya inflasi. Untuk itulah siklus ekonomi ini tidak bisa diremehkan.

Ilmu Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro ialah cabang ilmu ekonomi mempelajari tentang perilaku konsumen, perusahaan dan penentuan harga-harga pasar serta kuantitas faktor input, barang, dan juga jasa yang diperjual belikan. Ekonomi mikro sendiri meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintan atas barang dan jasa, yang nantinya akan menentukan harga juga bagaimana harga, pada gilirannya dengan menentukan penawaran serta permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi dengan optimal, dengan bersama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan pada skala makro, dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama.

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari ekonomi mikro, yaitu sebagai berikut:

Investasi

Investasi yang lazim sering disebut dengan istilah “penanaman modal atau pembentukan modal” ialah komponen kedua yang akan menentukan tingkat pengeluaran agregat (seluruh). Investasi juga dapat diartikan sebagai pengeluaran atau pembelanjaan dalam penanaman modal atau perusahaan untuk membeli barang modal serta perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian, pada praktiknya yang dapat digolongkan sebagai investasi yaitu meliputi pengeluaran atau pembelanjaan sebagai berikut:

  1. Pembelian berbagai jenis barang modal.
  2. Pembelanjaan untuk membangun rumah tempat tinggal, bangunan, dan lain-lain
  3. Pertambahan nilai stok barang-barang yang belum terjual, bahan mentah dan barang yang masih dalam proses produksi pada akhir tahun penghitungan pendapatan nasional.
PELAJARI JUGA:  Pengertian Monopolistik, Kelebihan Dan Kelemahannya
Naiknya Harga Bahan Bakar Minyak

Aktivitas pertambangan termasuk pengeboran minyak yang dilakukan secara besar-besaran mengikis ketersediaan minyak bumi dalam lapisan tanah. Karena kegiatan tersebut, jumlah minyak bumi semakin lama semakin berkurang. Kondisi kelangkaan minyak mau tidak mau menyebabkan terjadinya perubahan harga minyak dunia. Efeknya, seluruh harga bahan bakar minyak ikut mengalami kenaikan.

Penetapan Harga Dasar dan Harga Tertinggi

Krisis ekonomi dunia telah memporakporandakan kondisi perekonomian di seluruh negara, termasuk negara-negara manju se-level Amerika Serikat. Keadaan tersebut berlangsung cukup lama. Para ahli ekonomi memprediksi bahwa mekanisme pasar tidak akan sanggup memperbaiki keadaan ekonomi seperti semula.

Akibatnya, seluruh faktor produksi yang dibutuhkan oleh produsen, serta barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen melonjak tinggi. Sementara daya beli dan pendapatan masyarakat tidak mengalami peningkatan. Ketimpangan antara tingginya harga barang dengan rendahnya daya beli mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran.

Masalah Penyaluran Barang dan Jasa

Kelangkaan suatu barang atau jasa bukan hanya disebabkan karena stok barang tersebut menipis, tetapi juga karena distribusi barang atau jasa tersebut tidak lancar. Akibatnya, beberapa wilayah tidak dapat mengonsumsi beberapa jenis barang atau jasa tertentu, terutama wilayah-wilayah yang cenderung terpencil atau jauh dari pusat kegiatan ekonomi.

Masalah Monopoli

Kegiatan produksi seringkali menjadi penyebab terbukanya peluang monopoli, terutama kegiatan produksi yang dilakukan oleh pemilik modal besar. Pemilik modal besar bisa memproduksi barang dan jasa dengan jumlah yang sangat banyak, sehingga mereka bisa menguasai pasar dengan cara mempermainkan harga.

Birokrasi yang Tidak Memuaskan

Apa yang menyebabkan pengusaha kecil malas mengajukan permohonan bantuan dana kepada pemerintah? Salah satunya adalah karena proses birokrasi yang panjang dan berbelit-belit. Bukan suatu hal yang baru bahwa birokrasi di Indonesia adalah birokrasi yang paling bertele-tele dan rumit.

Padahal dana bantuan untuk pengusaha kecil telah dicantumkan dalam APBN/APBD setiap tahunnya. Namun seringkali dana ini dikembalikan ke pusat karena tidak digunakan secara maksimal. Jadi, jelas bahwa masalah birokrasi secara tidak langsung ikut menghambat perekonomian Indonesia.

Pembangunan Infrastruktur

Infrastruktur sangat berperan terhadap kegiatan ekonomi. Fasilitas umum seperti jembatan, pelabuhan, dan sebagainya menjadi gerbang kegiatan ekonomi luar negeri. Ketersediaan infrastruktur yang memadai akan memudahkan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Misalnya, infarstruktur berupa pabrik dapat digunakan sebagai tempat kegiatan produksi. Jalan sebagai sarana untuk menyalurkan barang dan jasa. Pasar menjadi tempat konsumen memeproleh barang dan jasa untuk dikonsumsi.