Sambungan Internet Dial Up Connection

Posted on

Dari sekian banyak layanan yang disediakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia agar orang-orang bisa melanglang buana didunia maya yaitu layanan TelkomNet Instan yang menggunakan koneksi Dial Up ( menggunakan line telepon ).

Dial-up merupakan jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau bisa juga disebut sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon.

Sedangkan syarat yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem. Modem merupakan perangkat keras yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau dapat juga sebaliknya.

Perangkat yang digunakan pada koneksi dial-up

Tentunya dalam melakukan koneksi dial-up membutuhkan berbagai macam perangkat, baik itu hardware dan softwere, yang diantaranya:

PELAJARI:  Siklus Pemrosesan Informasi

 

  • Dari segi hardwere diantaranya seperti PC atau Komputer, saluran telepon dan modem.
  • Sedangkan sari segi softwere biasanya pada bagian perangkat ini sudah disediakan oleh ISP.
  • Dan username dan kata sandi untuk melakukan login (jika memang ada) biasanya sudah disediakan oleh pihak ISP tempat berlangganan serta hanya kata sandi saja yang dapat diganti, tujuannya untuk masalah keamanan.

Dalam melakukan koneksi dial-up, komputer melalui perangkat modem akan melakukan pemanggilan telepon ke penyedia jasa internet atau ISP lalu akan terhubung dan komputer-pun dapat mengakses jaringan internet. Selanjutnya jika ingin mengakhiri koneksi dapat dilakukan dengan cara memutuskan hubungan telepon atau disconnect.

Contoh koneksi internet menggunakan Dial-up

Inilah beberapa contoh koneksi internet dial-up, misalnya seperti menggunakan line telepon tertentu, koneksi dengan menggunakan handphone yang memiliki fasilitas modem dan bisa juga menggunakan modem USB (Universal Serial Bus).

PELAJARI:  Pengertian Peta Minda dan Tokoh yang Pertama Membuatnya

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dial-up yang dilengkapi dengan contohnya dan semoga dapat kamu pahami serta mohan maaf jika terdapat kekurangan atau kesalahan, terimakasih telah berkunjung.