Ulasan Tentang Karya Kita

Setelah membaca buku/e-book, menonton film, ataupun acara-acara televisi lain, tentunya kamu selalu  mengomentari bacaan dan tontonan-tontonan tersebut. Komentar itu berupa lontaran-lontaran kata bagus, seru, lucu, mengasyikkan, ataupun ungkapan-ungkapan sejenisnya. Lontaran-lontaran seperti itulah yang dimaksud dengan ulasan dalam bentuk sederhana. Dengan demikian, ulasan sebenarnya bukan sesuatu yang asing bagimu.

A. Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan adalah teks yang berisi ulasan/penilaian/review terhadap suatu karya (film atau drama). Disaat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis agar berkontribusi untuk kemajuan drama dan film ke depannya.

Adapun tujuan teks ulasan untuk menunjukan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap suatu hal atau atau karya sementara.

B. Ciri-ciri Teks Ulasan

Yang membedakan teks ulasan dengan teks cerita sejarah maupun teks lain adalah di dalamnya mempunyai ciri-ciri:

  • Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
  • Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Contoh Teks Ulasan

Kita kupas contoh teks ulasan singkat mengenai novel yang berjudul “HUJAN” karya Tere Liye beserta strukturnya.

Orientasi

Hujan merupakan novel karya Tere Liye yang bercerita mengenai keinginan seorang tokoh utama yaitu Lail yang berniat menghapus memori mengenai seseorang. Lail kemudian meminta bantuan Elijah. Lail memikirkan alasan kenapa dirinya harus menghapus memori itu, dan dia pun menceritakan kepada Elijah.

PELAJARI JUGA:  Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah

Tafsiran

Laik (gadis 13 tahun) menjadi yatim piatu karena bencana alam gempa bumi dari gunung purba sehingga menyebabkan tsunami di belahan bumi lain. Disaat bencana tersebut, dia jadi bertemu dengan sosok lelaki bernama Esok yang menarik tas punggungnya sehingga dia tidak jadi tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah.

Keduanya kemudian terjebak dalam kisah cinta selama pengungsian. Dimana keduanya selalu bersama, uniknya keduanya mempunyai cara yang “santun” dalam menjaga hati sehingga percintaan mereka terlihat tidak biasa.

Maryam, sahabat setia Lail, mereka bertemu setelah masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Hubungan kedua sahabat ini sangat akrab, Maryam mengetahui bahwa hubungan Esok dan Lail lebih dari sekedar cinta biasa. Karakter Lail yang introvert, membuatnya tidak marah ketika Maryam menggoda hubungan keduanya.

Diceritakan bahwa bencana alam yang terjadi itu hanyalah permulaan. Kemudian setelah itu terjadi musim dingin yang berkepanjangan. Daerah sub-tropis pun bisa turun salju dan hal itu membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik dengan upaya mengembalikan iklim keadaan semula. Namun, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

PELAJARI JUGA:  Menelaah dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis “Pengaruh K-pop di Indonesia”

Evaluasi

Novel hujan ini ditampilkan dengan bahasa yang bisa “menyihir” para pembaca sehingga memaksa pembaca merasakan rasa “tegar”ketika ditimpa beberapa masalah, melangkah maju ketika ada masalah berat, dan merasakan jatuh cinta.

Rindu bertemu pasangan dan berjumpa kembali setelah sekian lama tidak berjumpa serta cemburu. Seseorang yang sedang remaja atau sudah melewati masa itu mungkin akan tersenyum mengetahui tingkah Lail. Imajinasi akan dibuat terbang oleh novel ini.

Rangkuman

Novel hujan memang tidak biasa. Tema yang di ulas tidak seperti novel tema romantis kebanyakan. Bukan hanya membahas mengenai percintaan, tetapi juga terdapat beberapa hal ilmiah.

Novel yang menceritakan tentang kepastian yang tidak pasti dan kabar yang tidak pernah dikabarkan. Membuat sepasang insan yang sedang merasakan cinta menunggu untuk saling mengungkapkan cintanya.

Dengan mengetahui penjelasan lengkap mengenai teks ulasan yang baru saja kami bahas, diharapkan ketika kamu akan mengulas, mereview, maupun memberi penilaian terhadap suatu karya film atau drama akan sesuai dengan aturan ciri-ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan nya.