Ayo Belajar tentang Gaya Magnet dan Contoh-contohnya

Posted on

Gaya merupakan gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak. Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan mempengaruhi benda tersebut. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda bergerak, berubah bentuk dan berubah arah.

Magnet adalah bahan yang dapat menarik beberapa logam tertentu. Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet. Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet. Benda- benda yang dapat tertarik oleh magnet disebut benda  magnetis Benda magnetis contohnya besi, baja, nikel, kobalt. Benda-benda yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang tidak magnetis/ non magnetis. Benda non magnetis contohnya plastik, kayu, alumunium, emas, tembaga, perak, dll.

PELAJARI:  Alasan Mengapa Awan yang Beratnya Berton-ton Dapat Melayang

Ada benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Ada benda yang ditarik lemah oleh magnet. Ada pula benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Berdasarkan sifat kemagnetannya, benda digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Feromagnetik yaitu benda yang ditarik kuat oleh magnet. Contohnya: besi, baja, nikel, kobalt.
  • Paramagnetik yaitu benda yang ditarik lemah oleh magnet. Contohnya : platina, alumunium, garam.
  • Diamagnetik yaitu benda yang ditolak oleh magnet. Contohnya : timah, seng, emas, bismuth.

Kekuatan gaya magnet untuk menarik benda-benda yang bersifat magnetis dipengaruhi oleh garis gaya magnet dan jarak magnet dengan benda tersebut. Kekuatan magnet terbesar terletak pada bagian ujung-ujung magnet atau kutub magnet.

PELAJARI:  Pengertian Propeller dan Proses Gaya Angkat Pesawat

Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub magnet yang senama akan tolak-menolak. Kutub-kutub magnet yang tidak senama akan saling tarik menarik.

Medan magnet yaitu daerah di sekitar magnet yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet ditunjukkan dengan garis-garis gaya magnet. Garis gaya magnet yaitu pola garis-garis lengkung yang terbentuk di sekitar magnet. Di sekitar kutub magnet, garis-garis gaya magnet tersebut semakin rapat. Sebaliknya, semakin jauh dari kutub magnet garis-garis gaya magnet semakin tidak rapat.

Gaya magnet dapat menembus benda. Namun, kemampuan tembus gaya tersebut berbeda-beda. Kemampuan magnet untuk menembus benda ditentukan oleh beberapa hal berikut.

  • Ketebalan benda yang hendak ditembus oleh gaya magnet
  • Besarnya gaya yang dimiliki magnet itu.
PELAJARI:  Penerapan Hukum Newton dalam Kehidupan