Penyakit yang Menyerang Langsung Sistem Peredaran Darah

Posted on

Darah merupakan bagian yang ada dalam tubuh yang sangat penting untuk kelangsungan hidup baik itu manusia maupun hewan. Selain itu darah bertugas menyuplai gizi kepada organ-organ yang membutuhkannya. Sehingga kita harus menjaga darah kita terkena serangan penyakit. Oleh karena itu setidaknya kita harus mengetahui macam-macam penyakit peredaran darah.

Anemia

Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal.

Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang, dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Pengobatan kondisi ini bervariasi tergantung pada penyebabnya. Anemia dapat diobati dengan mengonsumsi suplemen secara rutin atau prosedur pengobatan khusus.

PELAJARI:  Manfaat Virus untuk Kehidupan

Hemofilia

Hemofilia adalah suatu penyakit yang diturunkan, yang artinya diturunkan dari ibu kepada anaknya pada saat anak tersebut dilahirkan. Darah pada seorang penderita hemofilia tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal. Proses pembekuan darah pada seorang penderita hemofilia tidak secepat dan sebanyak orang lain yang normal. Ia akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk proses pembekuan darahnya.

Varises

Penyakit yang diakibatkan oleh pembuluh darah kaki yang melebar karena tekanan darah, sehingga fungsinya sedikit terganggu dan mengakibatkan pembuluh darah jadi terlihat.

Leukemia

Penyakit yang disebabkan adanya kelebihan produksi sel darah putih. Pencegahan adalah hal terbaik sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dengan mengenal macam-macam penyakit nya, semoga kita jadi lebih waspada dalam menjaga kesehatan.