Pengertian Perpajakan

Undang – undang yang menjelaskan tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan dikeluarkan dilandasi atas filsafat Pancasila dan undang – undang dasar 1945 yang didalamnya tertulis ketentuan – ketentuan yang menjunjung tinggi hak – hak warga negara dengan menempatkan kewajiban perpajakan sebagai salah satu kewajiban kenegaraan.

Dasar hukum dibuatnya ketentuan umum dan tata cara perpajakan ini adalah undang – undang nomer 6 tahun 1983 sebagaimana telah dilakukan perubahan terakhir dengan mengeluarkan undang – undang nomer 28 tahun 2007.

Pengertian Seputar Perpajakan

Kredit pajak untuk pajak penghasilan adalah jenis pajak yang dibayar sendiri oleh wajib pajak ditambah dengan pokok pajak yang terutang di dalam surat tagihan pajak karena pajak penghasilan dalam tahun yang berjalan kurang dibayar.

Hasilnya adalah ditambahkan dengan pajak yang telah dipotong dan ditambah dengan pajak atas penghasilan yang dibayar di luar negeri. Hasil akhir dikurangi dengan pengembalian kelebihan pajak yang dikurangkan dengan pajak yang terutang. 

 

Penanggung pajak adalah sekelompok orang pribadi atau badan yang bertanggung jawab atas pembayaran pajak. 

Penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan adalah tindakan – tindakan yang dilakukan oleh tim penyidik guna mencari dan mengumpulkan bukti – bukti yang telah dikeluarkan dimana dengan bukti tersebut akan dibuat terang tindak pidana di bidang perpajakan. 

Surat keputusan pengambilan pendahuluan kelebihan pajak merupakan salah satu jenis surat yang berhubungan dengan dunia perpajakan untuk pengambilan keputusan guna menentukan jumlah pengembalian pendahuluan atas kelebihan pajak untuk wajib pajak tertentu. 

BACA:  Perbedaan Pengelolaan BUMN dengan BUMD

Pajak adalah kontribusi yang wajib dilakukan kepada negara sebagai hal terutang oleh orang pribadi atau badan yang memiliki sifat memaksa berdasarkan atas undang – undang dengan tanpa memperoleh imbalan secara langsung untuk digunakan sebesar – besarnya guna pemenuhan keperluan negara bagi kemakmuran rakyat. 

Wajib pajak adalah kelompok orang pribadi atau badan yang memiliki hak dan kewajiban perpajakan. 

Pengusaha kena pajak adalah kelompok pengusaha yang diwajibkan untuk melakukan penyerahan barang kena pajak dan atau penyerahan jasa kena pajak. 

Nomor pokok wajib pajak adalah nomor yang tertera dalam lampiran wajib pajak diberikan kepada wajib pajak sebagai salah satu sarana dalam pemenuhan administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri dari wajib pajak.

Masa pajak adalah jangka waktu yang menjadi dasar wajib pajak dilakukan untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan pajak yang terutang dalam suatu jangka waktu tertentu. 

Tahun pajak adalah jangka waktu satu tahun kalender. 

Bagian tahun pajak adalah salah satu bagian dari jangka waktu satu tahun pajak. 

Pajak yang terutang adalah jenis pajak yang wajib dibayar pada suatu bagian tahun pajak. 

Surat pemberitahuan pajak adalah salah satu jenis surat yang oleh wajib pajak difungsikan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak. 

Surat pemberitahuan masa merupakan salah satu jenis surat pemberitahuan yang dibuat untuk tujuan suatu masa pajak. 

BACA:  Laporan Keuangan Laba, Perubahan Modal, Serta Neraca

Surat pemberitahuan tahunan adalah sejenis surat pemberitahuan yang dibuat untuk suatu tahun pajak atau bagian tahun pajak.

Surat setoran pajak merupakan salah satu bukti pembayaran atas penyetoran pajak yang telah dilakukan dengan mengaplikasikan formulir – formulir tertentu.

Surat ketetapan pajak adalah sejenis surat ketetapan yang memiliki hubungan dengan pembayaran pajak.

Surat ketetapan pajak kurang bayar adalah sejenis surat ketetapan pajak yang memiliki fungsi untuk menentukan besarnya jumlah pokok pajak, jumlah kredit pajak, jumlah kekurangan pembayaran pokok pajak, besarnya administrasi dan sejumlah uang yang disediakan masih harus dibayar.

Surat ketetapan pajak kurang bayar tambahan merupakan salah satu jenis surat ketetapan pajak yang dibuat untuk menentukan tambahan atas jumlah pajak yang sudah ditetapkan.

Surat ketetapan pajak nihil adalah sejenis surat ketetapan pajak yang memiliki tujuan untuk menentukan jumlah pokok pajak yang nilainya sama besar dengan jumlah kredit pajak atau pajak tidak terutang dan tidak ada kredit pajak. 

Surat ketetapan pajak lebih bayar adalah sejenis surat ketetapan pajak yang dibuat untuk menentukan jumlah kelebihan pembayaran pajak.

Surat tagihan pajak merupakan salah satu bentuk surat yang dibuat untuk melakukan tagihan pajak dan atau mengenakan sanksi – sanksi administrasi berupa bunga dan atau denda.

****

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian perpajakan yang kami rangkum dari berbagai sumber berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.