Peran Penting Bendungan Aswan dalam Beberapa Sektor

Bendungan Aswan merupakan bendungan untuk meredam banjir tahunan Sungai Nil yang bisa membawa manfaat ataupun bencana besar. Sungai terpanjang yang membelah 9 negara di Afrika. Selain itu bendungan aswan merupakan proyek besar yang menghabiskan dana yang tidak sedikit dan memakan jumlah korban pekerjanya yang tidak sedikit.

Bendungan Aswan yang setiap tahunnya senantiasa menyambut luapan Sungai Nil ini sangat memiliki peran penting dalam beberapa sektor diataranya:

Sektor Pertanian

Bendungan Aswan membantu mengalirkan luapan banjir secara lebih terarah, melewatkan endapan lumpur yang subur pada saluran-saluran irigasi untuk pemerataan panen pada sektor pertanian misalnya. Dengan kata lain, Bendungan Aswan melindungi negara tersebut dari ancaman banjir besar yang bisa melahap negeri itu, sekaligus mencegah bencana kelaparan.

PELAJARI JUGA:  Kondisi Fisik dan Penduduk Wilayah Indonesia

Sektor Listrik

Aliran air dari bendungan Aswan sangat bermanfaat untuk menghasilkan teknologi listrik yang sangat dibutuhkan negeri Piramid tersebut. Apalagi berkat duabelas turbin raksasa yang dimodali oleh Uni Soviet, membuat rakyat bisa menikmati listrik murah dan melimpah.

Sektor Pariwisata

Lingkungan sekitar Bendungan Aswan yang memadukan kawasan tandus dengan wilayah subur dekat sungai, menarik minat wisatawan. Sehingga resort-resort bisa dibangun dan mendatangkan income tambahan nan menguntungkan.