Menyusun Teks Tantangan “Dilarang Membawa HP ke Sekolah”

Pada Tugas 2 ini kamu menyusun teks tantangan sekurang-kurangnya 25 kalimat. Agar susunan teks tantangan tertata baik, terlebih dahulu lakukan pengamatan di sekitarmu. Kamu bisa mengambil tema tentang kehidupan di sekolah atau kehidupan di lingkungan tempat tinggalmu, misalnya, hukuman bagi siswa yang terlambat, iuran kebersihan atau iuran kemanan.

Tugas Kelompok : Menyusun Teks Tantangan
Nama Kelompok : –
Kelas : IX

Dilarang membawa HP ke sekolah


Struktur Isu, masalah

Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu dan menjadi rumah kedua. Setiap sekolah pasti memiliki peraturan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilanggar oleh siswa-siswinya. Contoh SMPN 41 Satu Atap banyak sekali peraturan yang harus dilakukan dan dijaga.

Struktur Argumen menentang

Baru-Baru ini SMPN 41 Satu Atap melakukan lagi razia tentang peraturan disekolah. Salah satunya adalah razia atribut sekolah yang sering sekali dilanggar, seperti tidak menggunakan lokasi kelas, rok di atas lutut, celana botol dan yang sangat mengganggu adalah membawa HP berkamera. HP adalah salah satu alat yang mendukung proses pembelajaran disekolah, namun banyak sekali siswa-siswi yang melanggar dan menyalah gunakan HP yang dibawanya ke sekolah. Siswa-siswi terkadang menggunakan HP tidak sesuai dengan yang diizinkan seperti berfoto di dalam kelas mendengarkan lagu dan lain sebagainya. Padahal HP hanya boleh digunakan untuk membuka pelajaran yang akan di bahas.

PELAJARI JUGA:  Mengembangkan Isi Teks Eksposisi

Pembina kesiswaan yaitu ibu Ami telah mengingatkan bahwa boleh membawa HP kamera. Tetapi hanya digunakan pas pelajaran, setelah pelajaran selesai HP pun di matikan kembali. Dari banyak siswa ada beberapa yang tidak mengikuti perintah yang telah diberitahukan. Hasilnya HP mereka di ambil karena tidak mengikuti peraturan yang telah ditetapkan. Hp itu yang telah diambil tidak akan di kembalikan sebelum kelulusan.

Struktur Simpulan

Membawa HP disekolah memang dapat membantu proses pembelajaran tetapi dengan catatan HP hanya di buka saat pelajaran yang dibahas. Guru-guru juga harus turun tangan untuk menguasai dan memperhatikan siswa-siswinya yang membawa HP ke sekolah.