Inilah Bagian-bagian Inti Matahari yang Perlu Kamu Ketahui

Matahari merupakan salah satu bintang yang paling dekat dengan bumi. Matahari dapat disebut dengan bintang karena merupakan benda langit yang bisa menghasilkan cahaya sendiri. Letak matahari cukup dekat dengan bumi sehingga cahaya tampak lebih terang dan ukurannya tampak lebih besar dibandingkan dengan berjuta-juta bintang lainnya. Matahari memancarkan cahaya dan panasnya karena pada inti matahari terjadi reaksi fusi yang bisa menghasilkan energi yang sangat besar.

Perlu kamu ketahui bahwa, suhu inti matahari± 15 juta °C sedangkan suhu di permukaan kurang lebih 6.000 °C. Panas yang dipancarkan oleh matahari merupakan sumber energi utama untuk kehidupan di bumi. Berikut merupakan bagian-bagian pada matahari yang perlu kamu ketahui:

  1. Inti matahari

Inti matahari terletak pada bagian dalam  matahari. Suhu pada inti matahari dapat diperkirakan mencapai15 juta derajad celsius (15 x 106 K).

PELAJARI JUGA:  Pelestarian In situ dan Ek Situ

2. Fotosfer

Lapisan Fotosfer merupakan lapisan permukaan matahari yang menyelimuti inti matahari. Suhu pada lapisan fotosfer  ini berkisar antara 5.600 – 5.700°. Tebal dari lapisan ini kira-kira 320 km. Apabila diperhatikan saat pagi hari, maka lapisan ini tampak warna kuning.

3. Kromosfer

Lapisan luar pada  matahari yang berada di atas fotosfer adalah atmosfer matahari. Berbeda dengan fotosfer yang dapat terlihat berwarna kuning, atmosfer matahari ini sulit untuk dilihat karena cahayanya sangat lemah.

4. Korona

Korona adalah bagian atau lapisan paling luar matahari yang dapat dilihat pada waktu terjadi gerhana matahari total. Di bagian korona in juga terdapat gas yang sangat tipis dengan suhu kurang lebih 3 juta derajat celcius.