Manfaat Mempelajari dan Memahami Pancasila dalam Kehidupan Sehari – Hari

Sila – sila yang tersimpan dalam tubuh Pancasila merupakan sebuah kesatuan yang utuh dan satu dengan lainnya saling berhubungan erat di dalam pelaksanaan atau diamalkan dalam kehidupan sehari – hari.

Sebagai warna negara yang baik haruslah mampu menunjukkan dan memberikan penghargaan kepada nilai – nilai Pancasila yang tercermin di segala bidang kehidupan tanpa mengesampingkan dan tetap mempertahankan sila – sila dari Pancasila tersebut.

Artinya adalah ideologi Pancasila wajib dipertahankan yang berarti turut serta mengamalkan dan melaksanakan sila – sila dari Pancasila di dalam kehidupan sehari – hari.

Yang dimaksudkan dengan pengamalan Pancasila di sini adalah salah satu upaya tercermin dari nilai – nilai ketuhanan, kemanusiaan, kerakyatan dan keadilan untuk benar – benar diyakini kebenarannya dan berhubungan dengan kebaikan, keindahan, dan manfaat bagi bangsa Indonesia.

 

Ini mengandung makna bahwa Pancasila tetap digunakan sebagai salah satu pedoman kehidupan dalam bermasyarakat sehingga akan menimbulkan tekad yang kuat guna mengamalkannya dalam dunia nyata.

Pada zaman sekarang ini ketika melihat kondisi seperti tersebut di atas, apakah terlihat nilai – nilai Pancasila sudah benar – benar diterapkan oleh orang – orang di sekitar anda? Yang mana seharusnya diri sendirilah yang pertama kali mendasarkan dan benar – benar mengaplikasikan nilai – nilai Pancasila melalui kehidupan sehari – hari?

Ini adalah sebuah pertanyaan yang jawabannya sudah dapat ditebak. Seiring dengan zaman mulai mengalami perkembangan yang semakin maju di masa depan, justru banyak ditemukan masyarakat yang lalai dalam bersikap dan bertingkah laku serta kurang mengamalkan makna yang terkandung dalam nilai – nilai Pancasila.

Meskipun demikian, Indonesia adalah negara yang kaya akan adanya perbedaan – perbedaan, merupakan rumah dari beragam etnik, agama dan bahasa.

Sehingga sangat membutuhkan adanya kesatuan yang secara berkesinambungan tetap dipupuk agar keseluruhan pulau dan penduduk di dalamnya memiliki bahasa dan rasa yang satu dan menyatu bisa disalurkan kepada generasi selanjutnya.

BACA:  Kewenangan MPR Sebelum dan Setelah Amandemen

Pancasila menjadi sebuah simbol kesatuan dan negara Indonesia patut bangga akan hal tersebut namun mereka tidak akan memahami makna sebenarnya terkandung di dalamnya tanpa praktik.

Pancasila bisa berfungsi sebagai dasar negara sekaligus bisa dijadikan sebagai pedoman dalam bermasyarakat dan bernegara.

Maka dari itu wajib untuk mempelajari sila – sila dari Pancasila sejak usia dini secara ideal yang diharapkan akan memberikan manfaat untuk kehidupan anda sehari – hari.

Memahami Setiap Sila dari Pancasila dalam Kehidupan Sehari – Hari

Nilai – nilai dari Pancasila yang dipraktikkan tidak melulu harus diwujudkan dalam bidang – bidang tertentu saja seperti menjadi tentara guna dapat menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia di garda terdepan.

Ini dapat dimulai dari hal – hal terkecil yaitu dalam hubungan sosial yang terjadi dalam keluarga, sekolah atau komunitas terdekat.

Masing – masing anggota keluarga adalah individu yang mempunyai rasa kesatuan dan tiap kesatuan yang dimaksudkan pastilah mempunyai masalah entah itu masalah besar ataupun masalah kecil.

Masalah ini muncul karena perbedaan – perbedaan yang ada sehingga dibutuhkan sikap menghargai perbedaan adalah salah satu nilai yang wajib diajarkan dari manfaat pendidikan Pancasila.

Cobalah untuk memahami terlebih dahulu barulah mempraktikkan merupakan salah satu cara guna merasakan manfaat dalam mempelajari Pancasila di dalam kehidupan sehari – hari.

Perbedaan tidak hanya akan ada dan terjadi di dalam keluarga saja namun kemungkinan akan muncul di lingkungan dimanapun anda sedang berada.

Melalui artikel ini marilah disimak tentang manfaat lain yang bisa dipetik dari anda mempelajari lalu memahami Pancasila dengan cara menelaah apa – apa saja yang ingin diajarkan oleh bapak – bapak penggagas dasar negara Republik Indonesia sebagai berikut:

1. Bisa lebih bertoleransi di dalam kehidupan beragama

Dengan benar mempraktikkan sila – sila dari Pancasila sebagai salah satu gaya hidup bernegara maka berarti sekaligus dapat mengimplementasikan Pancasila di dalam kehidupan anda sehari – hari seperti penjelasan dari kami tersebut di atas. Pancasila bisa anda gunakan sebagai panduan sehingga hidup anda diharapkan bisa mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan.

BACA:  Sifat-sifat yang Dimiliki Oleh UUD 1945

Dalam kehidupan sehari – hari praktik Pancasila sejatinya akan menyebabkan rakyat bisa hidup dalam harmoni di dalamnya. Terutama ketika banyak bermunculan konflik akibat kurangnya toleransi dalam beragama.

Nah disinilah perlu diperhatikan sila pertama Pancasila yaitu mengakui adanya Tuhan erat hubungannya dengan Ketuhanan serta memberikan kebebasan rakyat Indonesia untuk Bertuhan dan menjalankan ajaran – ajaran Ketuhanan tersebut disesuaikan dengan agamanya masing – masing.

Meskipun terlihat cukup sulit namun pada praktiknya perlu memperhatikan unsur terpenting guna merealisasikan terwujudnya sebuah kondisi berbangsa dan negara yang ideal.

2. Hargailah perbedaan yang muncul

Seperti diketahui bahwa sila – sila dalam Pancasila dibuat berdasarkan atas asas kebersamaan. Salah satunya adalah dibuat berdasarkan rasa hormat terhadap perbedaan yang menyebar di seluruh Nusantara.

Namun janganlah menjadikan perbedaan tersebut sebagai suatu penghalang guna membangun sesuatu menjadi lebih bermanfaat. Justru sebaliknya merupakan suatu perilaku yang wajib ditiru.

Saat ini kekuatan dari sila – sila Pancasila mulai terlihat jelas setelah berdirinya Indonesia sebagai sebuah negara yang kental akan adanya unsur – unsur perbedaan namun diharapkan masih mampu tinggal bersama – sama meskipun sedang dilanda gejolak kerukunan di dalamnya.

Tetaplah merasa bangga bahwa anda sudah mempunyai basis yang kokoh untuk dipraktikkan.

Dengan menyadari dan menghargai adanya perbedaan di negara ini maka masing – masing suku dan tempat akan mempunyai budaya, agama dan sudut pandang masing – masing yang tidak lagi menjadi kendala bagi anda untuk bersatu.

****

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang manfaat mempelajari dan memahami Pancasila dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.