Gangguan Alat Pencernaan Manusia

Posted on

Alat pencernaan manusia dapat mengalami gangguan atau terkena penyakit karena beberapa faktor. Alat pencernaan yang ada di dalam tubuh kita dapat mengalami gangguan atau terserang penyakit seperti perut, diare, atau sulit buang air besar. Gangguan pada alat pencernaan pada umumnya berhubungan dengan makanan yang kita makan dan cara makan yang tidak sehat. Beberapa macam gangguan atau penyakit yang berhubungan erat dengan alat pencernaan manusia di antaranya adalah sebagai berikut.

Gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan gangguan pencernaan yang disebabkan karena adanya kotoran di dalam rongga mulut. Kotoran tersebut berasal dari sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Kotoran-kotoran tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri penyebab gigi keropos dan berlubang. Apabila gigi mengalami gangguan maka akan mempengaruhi sistem pencernaan.

PELAJARI:  Perubahan Sementara dan Perubahan Tetap

Diare

Diare adalah gangguan yang terjadi pada alat pencernaan yang mengakibatkan penderita mengalami buang air besar secara terus-menerus. Penyakit ini dapat disebabkan karena memakan makanan yang tidak bersih atau tidak higenis.

Maag

Maag merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan asam pada lambung. Penyakit ini dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, kelelahan akibat bekerja, hingga stress. Gejala penyakit maag di antaranya seperti rasa sakit di ulu hati dan perut terasa mual.