Menangkap Makna Teks Rekaman Percobaan

Posted on

Menangkap makna teks rekaman percobaan bertujuan untuk mengetahui makna atau istilah yang terdapat pada teks tersebut. Kata adalah satuan bahasa terkecil yang dapat berdiri sendiri dan mempunyai makna, sedangkan istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu; sebutan; nama; kata atau ungkapan khusus. Setiap teks rekaman percobaan memiliki kata atau istilah yang belum dipahami.

Pada tugas 1 ini kamu diharapkan untuk memahami teks rekaman percobaan melalui pemahaman kata dan istilah pada teks tersebut. Carilah teks rekaman percobaan di media massa cetak dan elektronik. Kemudian gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk menangkap makna kata dan istilah tersebut. Salah satu contoh teks rekaman percobaan yang akan dipelajari berjudul percobaan uji karbohidrat seperti di bawah ini.

Percobaan Uji Karbohidrat

Struktur tujuan serta alat dan bahan

Kalimat
Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan. Tanpa makanan, makhluk hidup akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya. Agar tubuh sehat dan tumbuh secara normal, ada enam macam zat makanan yang dibutuhkan, yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan air. Keenam zat makanan tersebut dapat kita peroleh dari berbagai bahan makanan. Karbohidrat memegang peranan penting dalam alam karena merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. Kandungan zat dalam makanan dapat diidentifikasi suatu pengujian sederhana. Lugol digunakan untuk menguji apakah suatu makanan mengandung karbohidrat atau tidak. Bila makanan yang kita tetesi lugol menghitam, maka makanan tersebut mengandung karbohidrat. Semakin hitam berarti makanan tersebut banyak kandungan karbohidratnya.

PELAJARI:  Menelaah Kesalahan Dalam Penulisan Surat

Sebelum melakukan percobaan persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan. Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini diantaranya:

  • Lumpang porselin
  • Spatula/pengaduk
  • Plat tetes,
  • Lugol
  • Roti,
  • Tempe,
  • Putih telur,
  • Pisang,
  • Kemiri,

Struktur langkah-langkah

Kalimat
Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini!

  1. Lima bahan makanan digerus secara terpisah (Roti, tempe, putih telur, pisang, dan kemiri) lalu di tempatkan di cawan petri.
  2. Dari hasil gerusan diambil secukupnya, dimasukkan kedalam plat tetes dan masing-masing diberi label.
  3. Penampilan awal masing-masing bahan dicatat.
  4. Kemudian masing masing bahan makanan ditetesi dengan 5 tetes lugol/kalium iodida.
  5. Perubahan warna yang terjadi diamati, dicatat dan didokumentasikan

Struktur hasil

Kalimat
Setelah melalui langkah-langkah percobaan diperoleh hasil sebagai berikut. Roti ditetesi dengan reagen lugol berubah warna biru kehitaman. Tempe di tetesi dengan reagen lugol menghasilkan warna putih kecoklatan. Putih telur di tetesi dengan reagen lugol menghasilkan warna orange kecoklatan. Pisang ditetesi dengan reagen lugol menghasilkan warna coklat kehitaman. Kemiri yang ditetesi dengan reagen lugol menghasilkan warna coklat kehitaman.

PELAJARI:  Mengungkapkan Kembali Keteladanan dalam Teks Biografi

Struktur simpulan

Kalimat
Dari percobaan tersebut dapat kita ketahui bahwa untuk menentukan ada tidaknya kandungan zat karbohidrat pada makanan dapat kita ketahui dengan menguji makanan dengan uji lugol. Bahan makanan yang mengandung amilum terbanyak adalah roti karena perubahan warna yang terjadi saat gerusan roti ditetesi lugol warnanya berubah menjadi biru kehitaman

Beberapa kata atau istilah dalam teks rekaman percobaan di atas adalah sebagai berikut

Kata dan Istilah dan Deskripsi Makna

  • Aktivitas = keaktifan; kegiatan
  • Normal = menurut aturan atau menurut pola yang umum; sesuai dan tidak menyimpang dari suatu norma atau kaidah;
  • Karbohidrat = senyawa organik karbon, hidrogen, dan oksigen, terdiri atas satu molekul gula sederhana atau lebih yang merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga (banyak terdapat dalam tumbuhan dan hewan)
  • Lugol = campuran dari iodium 5 g , kalium yodida 10g, air 100 ml.
  • Protein = kelompok senyawa organik bernitrogen yang rumit dengan bobot molekul tinggi yang sangat penting bagi kehidupan; bahan organik yang susunannya sangat majemuk, yang terdiri atas beratus-ratus atau beribu-ribu asam amino, dan merupakan bahan utama pembentukan sel dan inti sel; zat putih telur;
  • Mineral = zat organik yang dalam jumlah tertentu diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme normal yang diperoleh melalui makanan sehari-hari;
  • Vitamin = zat yang sangat penting bagi tubuh manusia dan hewan untuk pertumbuhan dan perkembangan;
  • Reagen = bahan yang dipakai dalam reaksi kimia, biasa dipakai untuk mengetes darah
  • Label = sepotong kertas (kain, logam, kayu, dan sebagainya) yang ditempelkan pada barang dan menjelaskan tentang nama barang, nama pemilik, tujuan, alamat, dan sebagainya;
  • Lemak = zat minyak yang melekat pada daging; gemuk: