Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbarui

Posted on

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperoleh kembali setelah kita menggunakannya. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sebenarnya ada yang dapat dihasilkan kembali akan tetapi dengan kurun waktu yang lama. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat digolongkan menjadi tiga antara lain seperti sumber daya alam mineral logam, sumber daya alam mineral bukan logam, dan sumber daya energi. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasan berikut ini.

Sumber daya alam mineral logam

Sumber daya alam yang tergolong mineral logam yaitu emas, perak, platina, besi, timah, nikel, tembaga, aluminium, dan mangaan. Sumber daya alam ini dapat diambil dengan cara menambang sehingga dapat disebut barang tambang. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan barang tambang tersebut. Biasanya barang tambang tersebut dapat dimanfaatkan untuk perabotan rumah tangga, kabel, hingga perhiasan.

PELAJARI:  Tingkat Pertumbuhan Penduduk dan Taraf Hidup Penduduk di Negara Maju

Sumber daya alam mineral bukan logam

Indonesia juga kaya dengan sumber daya alam mineral bukan logam atau batu-batuan yang dapat dijadikan sebagai penunjang industri. Contoh dari sumber daya ini berupa pasir kuarsa, batu kapur, marmer, kaolin, intan, mika, asbes, batu granit, bentonit atau abu bumi, belerang, tras dan fosfat. Batu-batuan tersebut dapat digunakan sebagai bahan bangunan, perabot rumah tangga, kain, korek api, batu baterai dan pupuk.

Sumber daya energi

Sumber daya energi adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk  penghasil tenaga atau bahan bakar. Sumber daya energi di Indonesia antara lain seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, panas bumi dan tenaga surya. Perlu kamu ketahui bahwa, Indonesia menjadi negara pengekspor sumber daya energi terutama minyak bumi dan gas alam. Sumber daya energi seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara bisa diperoleh dengan melakukan pengeboran dan pertambangan.