Pengertian Hidrosfer, Siklus Hidrologi Serta Perairan Darat dan Perairan Laut

Posted on

Hidrosfer merupakan salah satu lapisan bumi selain litosfer yang kita bahas di pelajaran sebelumnya. Hidrosfer berasal dari kata hidros dan juga sphere. Hidros memiliki arti air, sementara sphere yang memiliki arti lapisan.

Hidrosfer yang terdapat di permukaan bumi ini terdiri dari beberapa tempat yakni diantaranya danau, sungai dan juga laut.

Pengertian Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi merupakan suatu peredaran ataupun daur ulang air yang terjadi secara berurutan maupun dilakukan secara terus-menerus.

Siklus hidrologi ini dibagi menjadi tiga yakni siklus pendek, siklus sedang dan juga siklus panjang.

Siklus Pendek

Siklus pendek merupakan air laut yang terkena panas matahari sehingga akhirnya menguap menjadi gas sehingga akhirnya mengalami kondensasi sebelum sampai ke daratan dan juga membentuk awan, sehingga akhirnya terjadi hujan di permukaan laut.

PELAJARI:  Analisis Mengenai Objek Formal Geografi

Siklus Sedang

Sedangkan di dalam siklus sedang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin menuju ke daratan. Di daratan uap air ini kemudian membentuk awan yang akhirnya jatuh sebagai hujan di atas daratan. Air hujan tersebut akan mengalir melalui sungai-sungai, selokan hingga akhirnya nantinya akan kembali ke laut.

Siklus Panjang

Siklus panjang merupakan uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin ke atas daratan. Adanya pendinginan yang mencapai titik beku pada ketinggian tertentu, membuat terbentuknya awan yang mengandung kristal es.

Awan tersebut akhirnya menurunkan hujan es ataupun salju di pegunungan. Di permukaan bumi es ini mengalir dalam bentuk gletser masuk ke sungai selanjutnya akan kembali lagi ke lautan.

Perairan Darat dan Perairan di Permukaan

Hidrosfer selanjutnya akan dibagi menjadi dua yakni perairan darat dan air permukaan.

PELAJARI:  Pengertian Angin, Jenis dan Sifatnya

Perairan di Daratan

Perairan di daratan dibagi menjadi dua yakni terdapat air tanah dan juga air permukaan. Air tanah adalah air yang berasal dari tanah.

Air tanah berasal dari hujan dan juga salju yang meresap ke dalam tanah dan juga tertampung ke dalam lapisan kedap air. Air tanah ini dibagi menjadi dua yakni air tanah dangkal dan juga air tanah dalam.

Perairan di Permukaan

Sedangkan air permukaan adalah wadah air yang terdapat di permukaan bumi. Bentuk air permukaan meliputi sungai, rawa dan juga danau.

Sungai adalah air hujan ataupun mata air yang mengalir secara alami melalui suatu lembah diantara dua tepian dengan batas yang jelas. Danau sendiri adalah tubuh air dalam jumlah besar yang menempati basin di wilayah daratan.

PELAJARI:  Konsep Esensial Geografi Menurut Henry J Warman

***

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai hidrosfer. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.