Contoh Perubahan Evolusi

Perubahan (Latin: mutatio) berarti menjadi sesuatu yang lain, atau transisi (peralihan) dari satu bentuk eksistensi ke bentuk eksistensi lain. Perubahan sosial yang terjadi secara lambat akan mengalami rentetan perubahan yang saling berhubungan dalam jangka waktu yang cukup lama. Perkembangan perubahan ini termasuk dalam evolusi.

Pengertian Perubahan Menurut Beberapa Ahli

Menurut Beberapa Ahli, Perubahan dapat di artikan sebagai berikut:

  1. Neni Nurmayanti Husanah
    Perubahan merupakan sesuatu yang unik karena perubahan-perubahan yang terjadi dalam berbagai kehidupan itu berbeda-beda dan tidak bisa disamakan, walaupun memmiliki beberapa persamaan dalam prosesnya.
  2. Cateora (mgh)
    Perubahan adalah hasil suatu masyarakat yang mencari cara memecahkan masalah yang diciptakan oleh perubahan dalam lingkungannya.
  3. Russel Swanburg
    perubahan merupakan kunci inovasi dan kunci yang akan datang, yang dasarnya adalah teori perubahan.
  4. Ramlan S
    Perubahan merupakan hasil interaksi kepentingan yang secara ketat dikontrol, bahkan ditentukan oleh posisi sosial atau kondisi materiil elit yang terlibat.

Pengertian Perubahan Evolusi

Perubahan evolusi adalah perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses yang lambat dan dalam waktu yang cukup lama tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan secara evolusi dapat diamati berdasarkan batas waktu yang telah lampau sebagai patokan atau tahap awal sampai masa sekarang yang sedang berjalan.

PELAJARI JUGA:  Kerajaan - Kerajaan Hindu Budha Sesuai Urutan

Adapun penentuan kapan perubahan tersebut terjadi, bergantung pada orang yang bersangkutan. Perubahan secara lambat memerlukan waktu yang lama dan biasanya merupakan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat.

Contoh Perubahan Evolusi

Pada evolusi, perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu. Masyarakat hanya berusaha menyesuaikan dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat. Perubahan ini terjadi melalui tahapan-tahapan dari yang sederhana menjadi maju.

Contoh – Contoh Perubahan Evolusi:

  1. Kehidupan masyarakat suku Kubu di Sumatra. Mereka mengalami perubahan secara lambat, terutama dalam tempat tinggal dan mata pencaharian hidup. Sampai saat ini suku Kubu masih menjalankan aktivitas lamanya, yaitu berburu dan meramu untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
  2. Suatu masyarakat pada masa tertentu bentuknya sangat sederhana, tetapi seiring dengan perkembangan zaman masyarakat berubah menjadi lebih kompleks dan maju. Tahapan perubahan itu berlangsung secara siklus dan berulangulang. Sebagaimana tampak pada perubahan sosial budaya dari masyarakat berburu meramu menuju masyarakat bertani.
  3. Perubahan peranan wanita dalam keluarga. Perlahan-lahan, melalui proses yang panjang peranan wanita dalam keluarga berubah dari masa ke masa. Dalam masyarakat dahulu, peran wanita dianggap kurang penting. Dalam kebanyakan masyarakat zaman sekarang laki-laki dan perempuan mempunyai peran yang sejajar.
  4. Modernisasi mengaibatkan perubahan pada sistem transportasi dan sistem perbankan.
PELAJARI JUGA:  Dibalik Penjajahan Perancis Secara Tidak Langsung di Indonesia

Kapan perubahan itu terjadi tidak diketahui dengan pasti. Perubahan yang terjadi dalam evolusi berjalan dengan sendirinya, tidak ada yang merencanakan atau menghendaki. Masyarakat hanya menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.