Sejarah Singkat Dan Teknik Dasar Permainan Bola Volly

SEJARAH PERMAIN BOLA VOLLY

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 grup berlawanan, masing” grup terdiri dari 6 pemain. Terdapat juga variasi lain yaitu bola voli pantai yang setiap grupnya hanya memiliki 2 orang pemain. Olahraga bola voli Dunia dinaungi oleh organisasi internasional yang bernama FIVB (Federation internationale de volleyball), sedangkan di Indonesia dinaungi oleh organisasi nasional PBVSI (Persatuan bola voli seluruh Indonesia)

YMCA adalah sebuah organisasi yang didedikasi untuk mengajarkan ajaran” pokok umat kristiani kepada para pemuda sebagaimana yang sudah diajarkan Yesus. Organisasi tersebut didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Setelah pertemuannya William G. Morgan pendiri YMCA dengan James Naismith (Penemu olahraga bola basket) yang lahir pada tanggal 6 November 1861 dan meninggal 28 November 1939. Kemudian William menciptakan sebuah olahraga baru yang benama Mintonette.

Sama dengan James Naismith, si William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai instruktur pendidikan jasmani. William menciptakan permainan Mintonette 4 tahun setelah adanya permainan basketball, ia juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA.

Diciptakannya permainan Mintonette merupakan hasil dari mengadopsi 4 jenis cabang permainan olahraga, yaitu baseball. bola basket, tenis dan handball (Bola Tangan). Pada mulanya permainan ini hanya dikhususkan untuk anggota YMCA yang sudah sepuh, maka dari itu permainan ini tidak dibuat seaktif permainan bola basket.

Perubahan Nama

Sampai sekarang bisa dinamakan bola voli itu tidak tanpa sebab, langsung saja. Perubahan nama tersebut terjadi di tahun 1896 pada waktu demonstrasi pada pertandingan perdananya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896.

Bertepatan pada tahun tersebut, Dr. Luther Hasley Gulick (Director of the professional physical education training school) sekaligus sebagai (executive director of department of physical education of the internatinal commite of YMCA).

Ia mengundang dan meminta William G. Morgan untuk mengenalkan sebuah permainan olahraga baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, springfield juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani.

Dalam kesempatan tersebut William membawa 2 tim yang masing” beranggotakan 5 orang, ia juga menjelaskan bahwa permainan tersebut merupakan permainan yang dapat dimainkan di dalam ruangan maupun di luardengan sangat leluasa, ia juga mengatakan permainan ini dapat juga dimainkan dengan banyak pemain.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Permainan bola voli pertama dikenalkan di Indonesia yaitu pada tahun 1982 yang bertepatan pada zaman penjajahan Belanda. Untuk mengembangkan jenis olahraga terkhusus voli ini, para pengajar pendidikan jasmani didatangkan dari Negara Belanda.

Di samping itu tentara belanda juga banyak andil terhadap perkembangan permainan bola voli di Indonesia, terutama dengan cara bermain di asrama”, lapangan dan mengadakan pertandingan antar kompeni” Belanda sendiri.

Permainan bola voli sangat cepat pertumbuhannya di seluruh lapisan masyarakat, sehingga bermunculan club” di Kota” besar di seluruh Indonesia. Berawal dari itu maka dibentuklah sebuah organisasi pada tanggal 22 Januari 1955 yang bernama PBVSI (Persatuan bola voli seluruh Indonesia) di Jakarta bertepatan dengan kejuaraan Nasional yang pertama kalinya.

Sejak saat itu PBVSI aktif mengembangkan kegiatan” di dalam maupun di luar Negeri. Perkembangan bola voli sangatlah menonjol yang bertepatan pada saat menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta.

Lapangan Bola Voli

teknikor.blogspot.com

Untuk bermain bola voli perlu adanya tempat atau lapangan. Melihat pada umumnya lapangan voli berukuran 18×9 meter, ukuran tersebut merupakan ukuran standart baik secara Nasional maupun Internasionl. Sehingga tidak terjadi perbedaan, baik di Indoneisa ataupun di luar negeri.

PELAJARI JUGA:  Pengertian dan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Ukuran Standart

Panjang lapangan: 18 meter.

Lebar lapangan: 9 meter.

Lebar garis serang: 3 meter.

Lebar garis tengah: 5 cm.

Area servis: 3 meter.

Ukuran Tiang dan Net

Tinggi tiang net: 2,55 meter.

Tinggi net laki-laki: 2,43 meter.

Pita bagian tepi atas dan pita samping net: 5 cm.

Jarang tiang net dengan pinggir lapangan: 0,6 meter.

Tinggi antena: 80 cm.

Net berbentuk kotak-kotak dengan ukuran 10 cm persegi

Peraturan Permainan Bola Voli

Pada hakikatnya semua jenis olahraga mempunyai peraturan yang harus dipatuhi salah satunya bola voli ini, ada beberapa aturan utama yang perlu kamu ketahui dalam bermain bola voli di antaranya. Jumlah Pemain Bola Voli dalam satu tim terdiri dari 6 orang.

Pemain Harus menggunakan seragam pakaian olahraga dengan nomor punggung dan dada.

Pergeseran pemain saat melakukan servis harus berputar sesuai dengan arah jarum jam.

Lama permainan berdasarkan jumlah poin dalam sebuah set, sistem rally poin harus didapat adalah 15 poin.

Satu orang wasit yang memimpin pertandingan, ditambah 4 orang sebagai penjaga garis dan 1 orang guna mencatat skor.

Setiap regu hanya boleh memainkan bola maksimal 3x umpan.

Seorang pemain tidak boleh memainkan bola lebih dari 1x dengan berturut-turut.

Bola dinyatakan masuk apabila jatuh nempel ke tanah pada bagian dalam dan pada garis pas lapangan.

Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

Menyentuh jaring net secara sengaja maupun tidak sengaja.

Tidak dinyatakan pelanggaran apabila bagian tubuh selain tangan menyentuh net dengan tidak sengaja, seperti pada saat blocking dada ataupun punggung.

Berbicara kasar atau mengeluarkan umpatan terhadap wasit.

Kedua kaki masuk kedalam daerah lawan.

Tangan terlalu masuk ke area lawan pada saat blocking.

Menegur wasit dan pembantunya.

Kongkalikong dengan wasit.

Menerima arahan dan petunjuk dari luar lapangan pada saat pertamdingan berlangsung.

Meninggalkan lapangan tanpa adanya izin.

Pengenalan 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang. Setiap regu diperbolehkan memiliki pemain cadangan maksimal 4 orang. Permainan ini bisa dilakukan dalam lapangan indoor maupun outdoor dengan ketentuan panjang lapangan 18 meter dan lebar 9 meter. Setiap tim yang bisa memasukkan bola ke area lawan maka tim tersebut mendapat poin, namun jika bola keluar maka tim lain yang akan dapat poin. Bola voli menggunakan sistem rally point dengan perhitungan poin maksimal adalah 25 dalam setiap set. Setiap pertandingan akan dilakukan dengan 3 set, namun jika sebuah tim bisa menang dalam 2 set beruntun maka dianggap menang dan set ketiga tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu sangat penting sekali menguasai teknik dasar permainan bola voli agar bisa menang dalam 2 set langsung. Berikut ini teknik dasar bola voli yang wajib dikuasai oleh pemain bola voli :

Serving / Melakukan Servis

Servis adalah teknik dasar permainan bola voli yang bisa saja menentukan point untuk tim kamu. Servis / serve adalah pukulan yang mengawali permainan bola voli, baik untuk bola mati atau saat pertandingan baru dimulai. Ada 4 jenis teknik servis yang bisa kamu pelajari, yaitu :

Servis Atas
Dinamakan servis atas karena sebelum melakukan pukulan, bola harus dilambungkan terlebih dahulu di atas kepala. Teknik ini biasanya bisa langsung menyerang tim lain karena teknik ini bisa dikolaborasikan dengan teknik smash. Untuk melakukan teknik ini kamu perlu kekuatan tangan dan konsentrasi terhadap bola agar tidak meleset. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan melambungkan bola diatas kepala, usahakan posisi lambungan bola berada di depan bahu sehingga memudahkan untuk melakukan pukulan. Kemudian posisikan tangan terkuat untuk dilentingkan ke belakang dan ketika bola berada di posisi yang tepat segera pukul dengan telapak tangan.

PELAJARI JUGA:  Pengertian ,Sejarah Dan Teknik Dasar Bermain Badminton (Bulu Tangkis)

Servis Bawah
Berbeda dengan servis atas, servis bawah biasanya lebih mudah dan mengurangi resiko kesalahan melakukan serve. Teknik ini tidak bisa langsung menyerang tim lain karena arah bola yang tidak menukik ke bawah. Cara melakukan servis bawah adalah dengan memegang bola pada tangan kiri, kemudian yangan kanan yang akan diayunkan memukul bola. Saat melakukan pukulan berat badan akan berumbu pada kaku belakang dan pukul bola dengan tangan mengepal.

Servis Samping
Teknik ini hampir sama dengan teknik servis bawah namun dikombinasikan dengan teknik servis atas dengan catatan lambungan bola tidak terlalu tinggi. Biasanya pemain memegaing bola dengan lengan yang dijulurkan setinggi kepala. Tangan yang digunakan untuk memukul diayunkan ke belakang kemudian bola dilambungkan ke depan badan. Saat melakukan pukulan, lengan diangkat seperti membentuk gerakan melingkar.

Jump Servis
Teknik servis ini mirip dengan servis atas namun lebih powerful untuk melakukan serangan. Jump servis mengkolaborasikan teknik servis atas dengan lompatan yang akan menambah kekuatan lajur bola sehingga bisa menyerang lawan saat melakukan servis.

Passing

Teknik passing adalah teknik yang dilakukan untuk mengoper bola kepada teman satu tim. Dalam permainan bola voli, kamu tidak boleh melakukan 3 kali passing didalam area lapangan sendiri karena akan dianggap pelanggaran. Usahakan hanya melakukan 2 kali dan satu pukulan mengarahkan bola ke tim lain. Passing dibedakan menjadi dua, yaitu passing bawah dan passing atas.

Passing Bawah
Passing bawah biasanya dilakukan untuk menerima serangan dari lawan. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan dua tangan yang diposisikan untuk meredam serangan dan memantulkan bola ke teman satu tim.

Passing Atas / Set up
Passing atas biasanya dilakukan untuk mengoperkan bola yang nanti di smash oleh teman kita. Meskipun passing atas juga bisa untuk menerima bola dari lawan namun lebih baik menggunakan passing atas untuk menyerang lawan.

Teknik Blocking

Teknik Blocking adalah teknik dasar permainan bola voli yang harus kamu latih agar bisa bertahan dari serangan lawan. Teknik ini dilakukan untuk membendung serangan dan berharap bola masuk ke area lawan. Blocking bisa dilakukan oleh satu orang atau bahkan 2 hingga 3 pemain segaligus yang membentuk benteng pertahanan.

Teknik Smash untuk Attacking

Dalam permainan bola voli, smash adalah salah satu jenis attacking yang efektif dan seringkali menghasilkan point bagi tim kamu. Siapkann mental dan fokus pada bola sebelum melakukan smash. Usahakan baca kelalaian pemain lain dalam menjaga areanya. Saat bola melambung keatas dan memungkinkan untuk melakukan serangan, lompat ke atas dan pukul bola voli menukik tajam agar susah dibendung oleh tim lain. Perhatikan juga kemungkinan lawan melakukan blocking pada smash kamu. Saat melakukan pendaratan sehabis melakukan smash, usahakan mendarat menggunakan kedua ujung telapak kaki bersamaan dan berat badan ditumpukan ke depan.