Gaya Magnet dan Contoh-contoh Bendanya

Posted on

Apakah kamu mengetahui tentang magnet ? Magnet merupakan suatu bahan yang bisa menarik logam-logam tertentu. Benda yang terbuat dari besi atau baja bisa ditarik oleh magnet. Magnet dapat mengeluarkan gaya yang biasanya disebut gaya magnet. Gaya magnet adalah gaya tak sentuh atau juga dapat disebut dengan gaya tak kontak. Gaya tersebut dapat bekerja meskipun tidak bersentuhan secara langsung.

Tidak semua benda-benda dapat mengalami gaya magnet. Nah, benda-benda yang bisa mendapatkan gaya magnet dapat disebut memiliki sifat magnetis. Sedangkan, benda-benda yang menolak gaya magnet dapat dikatakan bersifat nonmagnetis.

Perlu kamu ketahui bahwa, terdapat benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet dan ada pula benda yang ditarik lemah oleh magnet dan tidak dapat ditarik oleh magnet. Berdasarkan sifat kemagnetannya, benda-benda dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu anatara lain seperti:

PELAJARI:  Pengertian Hukum Newton I, II, III dan Beserta Contohnya

* Feromagnetik, yaitu benda-benda yang memiliki sifat dengan kemagnetan kuat.

* Paramagnetik, yaitu benda-benda yang memiliki sifat dengan kemagnetan lemah.

* Diamagnetik, yaitu benda-benda yang tidak memiliki sifat dengan kemagnetan.

Magnet emiliki kemampuan hanya bisa menarik logam-logam tertentu. Logam-logam yang dapat ditarik oleh magnet antara lain seperti besi, nikel, kobalt, dan besi. Apabila logam tersebut ditarik oleh magnet, maka logam itu akan bergerak dan dapat menghasilkan gaya. Gerakan logam menuju magnet tersebut ternyata membutuhkan energi. Sedangkan logam yang tidak dapat ditarik oleh magnet yaitu seperti logamĀ  aluminium, perak, dan tembaga tidak. Magnet juga tidak bisa menarik benda-benda yang non logam misalnya seperti plastik, kertas, dan daun.