Bagian-bagian Batang

Posted on

Batang tumbuhan mempunyai buku dan ruas. Apakah kamu tahu bahwa pada tiap buku terdapat sehelai daun atau lebih. Nah, batang tumbuhan kayu tersusun dari jaringan primer seperti kulit luar, kulit pertama, kulit dalam, dan silinder pusat.
a. Kulit luar
Pada kulit bagian terluar memiliki dinding luar sel-sel yang menebal dan bermodifikasi menjadi seperti rambut-rambut halus, duri, dan lentisel.
b. Kulit pertama
Bagian kulit pertama terletak di sebelah dalam epidermis yang tersusun dari jaringan parenkim dan jaringan penunjang. Jaringan penunjang merupakan yaringan yang terdir atas jaringan kolenkim yang memiliki penebalan dinding sel pada sudut-sudutnya atau mengandung kloroplas.
c. Kulit dalam
Kulit dalam merupakan batas antara korteks dan stele dan biasanya sering disebut florterma, mengandung amilum sehingga juga dapat disebut sarung tepung.
d. Silinder pusat
Silinder pusat adalah bagian batang yang tersusun dari jaringan parenkim yang membentuk empulur batang. Di dalamnya ada lingkaran kambium dalam berkas pembuluh. Di antara berkas pembuluh ada kelanjutan parenkim empulur yang terlihat seperti roda berjari-jari dan disebut jari-jari empulur.

PELAJARI:  Inilah Lapisan Bumi yang Perlu Kamu Ketahui

Pada tumbuhan dikotil, batang bisa mengalami perubahan sehingga menjadi jaringan primer antara lain bakal daun, tunas ketiak, epidermis korteks, ikatan pembuluh dan empulur. Pertumbuhan xilem akan terus menerus tetapi karena dengan adanya perubahan musim, maka terjadi pertumbuhan yang kecepatan dan ukuran sel-selnya berbeda sehingga terbentuk lingkaran tahun. Sedangkan, batang monokotil akan berkembang menjadi bakal daun, bakal tunas ketiak, epidermis, ikatan pembuluh tersebar, di tengah lingkaran ada empulur yang mungkin akan hilang, kecuali pada buku-buku