Menyajikan Gagasan ke dalam Teks Eksposisi

Posted on

Pada setiap paragraf selalu terdapat satu gagasan pokok yang juga dikenal sebagai ide pokok. Ide pokok itulah yang menjadi kerangka pengembangan sebuah paragraf.

Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas Dalam Teks Eksposisi

Untuk menyusun sebuah teks eksposisi, mulailah dengan mendata gagasan-gagasan pokok yang sesuai dengan topik yang akan kita bahas. Selanjutnya, kamu kembangkan gagasan-gagasan pokok dengan gagasan penjelas menjadi suatu paragraf yang jelas bagi pendengar atau pembaca.

Kegiatan 1
Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan. Sudah sebulan ini sebagian negeri berselimut asap putih. Langit Sumatera dan langit Kalimantan tak lagi tampak biru. Sebagaimana dikatakan Zulkifli Hasan, mantan Menteri Kehutanan, di beberapa media bahwa untuk menghentikan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap memang tak mudah.

Perhatikanlah contoh rangkaian gagasan pokok berikut.

  • Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan;
  • Penyebab bencana adalah karena perilaku manusia;
  • Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Perhatikan contoh paragraf yang sudah dikembangkan dari gagasan pokok ditambah dengan gagasan-gagasan penjelas. Selanjutnya, datalah gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan pokok dalam tabel berikut ini.

Tugas
Perhatikan contoh pengembangan gagasan pokok dalam teks eksposisi. Selanjutnya, lengkapilah gagasan utama yang disajikan dengan gagasan pendukung yang memguatkan teks keposisi.

Gagasan Utama

  1. Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan.
  2. Gagasan Pokok: kabut asap sebagi bencana yang memilukan.
PELAJARI:  Menyusun Teks Tanggapan Kritis

Gagasan Penjelas

  1. Sudah sebulan ini sebagian negeri berselimut asap putih.
  2. Langit Sumatera dan langit Kalimantan tak lagi tampak biru.
  3. Sejalan pernyataan Zulkifli Hasan, mantan Menteri Kehutanan di beberapa media bahwa untuk menghentikan kebakaran lahan dan hutan yang menimbulkan bencana asap memang tak mudah.

Kegiatan 2
Menyusun Ulang Gagasan ke dalam Teks Eksposisi

Jika gagasan pokok di atas, Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan dan gagasan penjelasnya dikembangkan dalam sebuah paragraf akan menjadi sebuah paragraf yang padu seperti contoh di atas.

Lanjutkan menata gagasan pokok dan gagasan penjelas nomor 2 dan 3 di atas ke dalam paragraf yang utuh dengan mengisi tabel berikut ini.

Gagasan Utama

  1. Penyebab bencana adalah karena perilaku manusia
  2. Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Gagasan Penjelas

1) – Penyebab terbesar bencana adalah kelalaian manusia dalam memanfaatkan lingkungan. Seperti penebangan pohon yang tidak diimbangi dengan penanaman kembali. Sehingga tanah mudah longsor ketika hujan terus-menerus turun dan mengakibatkan banjir.
– Membuka lahan yang baru juga menyebabkan bencana yang akhir-akhirnya ini menjadi sorotan dunia, yaitu dengan membakar lahan lama atau lahan gambut. Cara ini memang lebih cepat dan lebih murah, tetapi efek yang ditimbulkan adalah banyak yang menderita penyakit pernapasan akut.
– Salah satu bencana yang masih sukar diatasi adalah kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sembarangan, terutama di aliran sungai. Hal ini dapat menyebabkan polusi air dan tentu saja banjir pada musim hujan.

PELAJARI:  Mengidentifikasi Teks Rekaman Percobaan "Baterai Alami dari Kentang"

2) – Pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga alam, misalnya dari dapak yang dapat diberika oleh hutan lindung pada kesegaran udara untuk masyarakat sekitar dapat diberikan melalui jalur pendidikan yang dilakukan guru di dalam kelas.
– Pentingnya menjaga alam dapat didapatkan dari pendidikan lingkungan yang diadakan oleh para pemerhati lingkungan seperti WALHI. bagaimana tanaman bakau selain menjadi sember pendapatan juga sebaga pelindung dari erosi tanah.
– Kelestarian alam perlu dijaga oleh masyarakat. pendidikan memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman tersebut. dari berbagai literatur bahakn dari seorang tokoh yang fokus menjadi pemerhati lingkungan dapat memberikan penjelasan bagaimana pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar dan akan memberikan dampak yang signifikan dalam jangka panjang.
– Melalui pendidikan kita dapat mengetahui bahaya dari reklamsi yang kini kian gencar ada di indonesia. dengan membutuhkan beribu-ribu bahkan jutaan kubik tanah akan menyebabkan erosi alam sekitar.
– Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam dapat kita berikan melalui pendidikan dan pendekatan yang baik. melalui jalur dasar misalnya dengan melakukan pendekatan pada anak-anak tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. membuang sampah di sungai memiliki efek yang berbahaya. memberikan berbagai contoh pada anak-anak dengan berbagai selingan permainan yang dilakukan akan memberikan efek yang cukup maksimal.
– Sebagai tonggak perubahan pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. selain terhadap tanggungjawab guru, pemerhati lngkungan, atau organisasi yang fokus pada lingkungan, orang tuan jga memiliki peran penting untuk menyadarkan pada anak bahwa dengan menjaga lingkungan akan memberikan dampak yang baik pada orang banyak. mengajaknya pergi ke pantai atau tempat wisata yang berbasis alam lalu menjelaskan dan memberikan pengertian juga bentuk pendidikan awal dan kewajiban orang tuan untuk membentuk karakter dan menanamkan pesn moral secara tidak langsung pada pendidikan anak dalam ranah non-formal.