Contoh-contoh Alat-Alat Optik

Posted on

Apakah kamu sudah mengetahui tentang alat-alat optik? Alat optik merupakan salah satu alat yang bekerja berdasarkan prisip cahaya. Berikut ini pembahasan tentang mata, lup, mikroskop, kamera foto, teleskop, dan periskop.

Mata

Mata adalah indra penglihatan yang sangat penting untuk manusia. Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan sepasang mata untuk manusia sehingga manusia dapat melihat. Cahaya dipantulkan oleh suatu benda lalu menuju mata. Pemantulan cahaya tersebut dapat diterima oleh bagian mata yang disebut dengan kornea. Cahaya tersebut dibiaskan sehingga terbentuk bayangan terbalik pada retina oleh lensa mata. Kemudian, saraf-saraf yang ada di retina akan menyampaikan informasi bayangan menuju ke  otak. Otak akan mengolahnya sehingga manusia dapat melihat benda yang sebenarnya. Bayangan yang terbentuk di retina adalah nyata, diperkecil, dan terbalik.

PELAJARI:  Klasifikasi Gempa Berdasarkan Faktor Penyebabnya

Lup

Lup disebut juga kaca pembesar atau suryakanta. Alat ini sering digunakan oleh tukang jam tangan. Lup menggunakan lensa cembung. Lup dapat digunakan untuk melihat benda-benda berukuran kecil sehingga terlihat besar.

Mikroskop

Mikroskop yang biasanya dipakai di laboratorium bisa mengamati bakteri yang sangat kecil. Mikroskop tersebut dapat memperbesar bayangan benda hingga ratusan hingga ribuan kali.

Mikroskop terdiri dari 2 lensa cembung yaitu lensa okuler dan lensa objektif. Lensa okuler adalah lensa yang dekat dengan mata sedangkan lensa objektif adalah lensa yang dekat dengan benda yang akan diamati.

Kamera Foto

Kamera adalah salah alat yang dipakai untuk memotret dengan memanfaatkan lensa positif. Lensa tersebut disangga oleh tabung yang bisa digeser ke depan atau ke belakang sehingga dapat memfokuskan bayangan benda agar bayangan jatuh pada film.

PELAJARI:  Gangguan Fisiologis Pada Tulang

Kamera terdiri dari  lensa, ruang atau kotak yang kedap cahaya, dan film. Kamera mempunyai diafragma yang memiliki fungsi seperti iris mata manusia. Diafragma mampu mengatur jumlah cahaya yang masuk. Bayangan yang dibentuk oleh kamera adalah diperkecil dan terbalik.

Teleskop

Teleskop merupakan alat yang dipakai untuk melihat benda-benda yang jaraknya sangat jauh misalnya benda-benda di ruang angkasa. Dengan memakai teleskop maka  benda-benda di ruang angkasa akan terlihat lebih dekat.

Periskop

Periskop dapat digunakan untuk mengamati keadaan di permukaan laut, misalnya kapal selam yang dilengkapi dengan periskop. Periskop memiliki 2 buah cermin. Cermin merupakan kaca bening yang salah satu mukanya dicat menggunakan air raksa.