5 Periode Zaman di Indonesia

Posted on

Sejarah di Indonesia mengalami perkembangan yang dapat digolongkan menjadi beberapa periode. Apakah kamu sudah menegetahuinya? Periode-periode tersebut terbagi menjadi 5 periode antara lain seperti periode zaman batu, logam, Hindhu-Budha, Islam, dan kolonial. Ayo simak pembahasannya berikut ini.

Zaman Batu

Ketika zaman batu, manusia memanfaatkan peralatan-peralatan dari batu. Hal tersebut membuat zaman ini dapat disebut sebagai zaman batu. Manusia mendapatkan makanan dengan cara berburu menggunakan perkakas/ peralatan batu. Oleh sebab itu, pada kehidupan di zaman ini, masyarakatnya masih berpindah-pindah atau nomaden.

Zaman Logam

Manusia mulai mengenal logam pada zaman ini. Manusia memanfaatkan perak atau perunggu dalam membuat peralatan. Mereka juga mengenal ladang berpindah dan mulai menetap di suatu tempat. Logam dapat membantu mereka ketika melakukan aktifitas berburu , selain itu sebagian menggunakannya sebagai perhiasan.

PELAJARI:  Bentuk Adaptasi Paruh dan Kaki pada Unggas

Zaman Hindu-Budha

Pada zaman Hindhu-Budha, manusia mulai mengenal tulisan. Masyarakat di Indonesia juga telah mengenal sistem pemerintahan dan kerajaan. Pada zaman ini terdapat banyak candi dan bangunan-bangunan sejarah di Indonesia, sehingga setelah zaman ini berakhir masih ada bangunan- bangunan sejarah tersebut.

Zaman Islam

Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari arab dan Gujarat India. Para pedagang tersebut menyebarkan agama Islam ke berbagai wilayah Indonesia.Dengan adanya peradaban Islam di nusantara maka bermunculanlah kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara.

Zaman Kolonial

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya dengan sumber daya alam. Bangsa Eropa banyak berdatangan ke Indonesia untuk berdagang. Namun, setelah mereka melihat kekayaan Indonesia, bangsa Eropa menjadi berubah pikiran sehingga ingin menguasai Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia dijajah oleh beberapa negara Eropa.