Membandingkan Nilai dalam Teks Hikayat dengan Nilai Cerpen

Posted on

Pada pembelajaran yang telah lalu kamu telah memahami bahwa banyak nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini. Sebagai karya sastra modern yang mengangkat nilai-nilai kehidupan masa kini, dapat diduga bahwa banyak nilai dalam hikayat yang bersesuaian dengan nilai dalam hikayat.

Tugas
Bandingkanlah nilai yang terkandung dalam kutipan hikayat dan cerpen berikut ini.

Kutipan Hikayat
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan. Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah.

PELAJARI:  Mengidentifikasi Teks Eksemplum Putri Tangguk

Jikalau baginda pun mencari muslihat; ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.

Kutipan Cerpen
“Memang ngapain sih Mas, ke Madura segala? Lama lagi!”
“Diajak survei sama salah satu profesor dan kontraktor, untuk perencanaan bangunan besar di sana, Dik Manis! Sekalian penelitian skripsi Mas….”

Ah, soal bangunan dan penelitian skripsi. Lalu kenapa Mas Gagah bisa berubah jadi aneh gara-gara hal tersebut? Pikirku waktu itu.

“Mas ketemu kiai hebat di Madura,” cerita Mas Gagah antusias. “Namanya Kiai Ghufron! Subhanallah, orangnya sangat bersahaja, santri-santrinya luar biasa! Di sana Mas memakai waktu luang Mas untuk mengaji pada beliau. Dan tiba-tiba dunia jadi lebih benderang!” tambahnya penuh semangat. “Nanti kapan-kapan kita ke sana ya, Git.

PELAJARI:  Menjelaskan Cara Menyampaikan Pengajuan dan Penawaran

Nilai yang terdapat dalam hikayat Indera Bangsawan:

  • Nilai religius : dibuktikan oleh hal yang dilakukan tokoh seperti melakukan doa qunut, sedekah dll.
  • Nilai sosial : saling tolong menolong
  • Nilai moral : tidak mudah menyerah, selalu berusaha, jujur, sportif
  • Nilai budaya : pada jaman dulu masih ada perjodohan dan kepercayaan kesaktian benda

Nilai yang terdapat dalam cerpen Ketika Mas Gagah Pergi:

Nilai yang terkandung adalah jadilah orang yang multitasking atau melakukakan sesuatu sekaligus dan jangan lupakan pelajaran agama walaupun sudah pintar dalam dunia.