Mineral yang dibutuhkan Tubuh Manusia

Posted on

Mineral memiliki fungsi sebagai zat pembangun dan pengatur kesehatan tubuh. Biasanya, mineral ada di berbagai bahan-bahan makanan. Tubuh manusia membutuhka. mineral-mineral tersebut. Berikut ini pembahasan tentang beberapa mineral yang diperlukan oleh tubuh.

1) Zat besi

Zat besi merupakan salah satu mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Tubuh sangat membutuhkan zat besi karena bila tubuh mengalami kekurangan zat besi akan berdampak darah kekurangan butir darah merah sehingga terjadi anemia. Zat besi biasanya terdapat pada daging, hati, kedelai, serta sayuran berwarna hijau seperti bayam, daun ubi jalar, daun kelor, dan kangkung.

2) Yodium

Yodium memiliki fungsi untuk memperlancar kelenjar gondok. Kekurangan yodium dapat memberikan dampak buruk berupa pembengkakan pada kelenjar gondok atau penyakit gondok. Yodium biasanya banyak terkandung pada garam dapur dan ikan laut.

PELAJARI:  Inilah Lapisan Bumi yang Perlu Kamu Ketahui

3) Zat kapur (Kalsium)

Zat kapur atau kalsium dibutuhkan olehtubuh untuk pembentukan tulang dan gigi, serta proses pembekuan darah ketika terjadi luka. Kalsium biasanya banyak terdapat di dalam daging ayam, ikan kakap, ikan tawes, telur, bayam, melinjo, kedelai dan kacang merah.

4) Fosfor

Selanjutnya mineral fosfor juga diperlukan dalam pembentukan tulang dan gigi. Nah, apabila tubuh kekurangan zat fosfor maka akan mengakibatkan pertumbuhan terganggu. Biasanya zat fosfor banyak terdapat pada udang, ikan bandeng, daging ayam, daging sapi, jagung, kacang merah, sayuran dan susu.