Besaran Pokok dan Turunan

 

Mengukur merupakan salah satu kegiatan penting dalam kehidupan terutama pada kegiatan penyelidikan ilmiah  IPA. Beberapa hal yang dapat diukur antara lainseperti tinggi badan, umur, dan massa tubuh. Segala sesuatu yang dapat diukur dapat disebut sebagai besaran. Berikut ini terdapat 2 besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

 

Besaran Pokok

Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya didefinisikan. Ada 3 besaran pokok diantaranya seperti panjang, massa, dan waktu.

 a. Panjang

 

Panjang memiliki satuan dasar (SI) meter (m). Satu meter standar (baku) setara dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon. Dalamkehidupan sehari-hari telah dibuat beberapa alat ukur panjang tiruan dari meter standar misalnya seperti meteran.

PELAJARI JUGA:  Susunan Bagian-Bagian Utama Sel Bakteri

b. Massa

Setiap benda tersusun oleh materi. Perlukamu ketahui bahwa jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda merupakan massa benda. Dalam standar internasional (SI), massa dapat diukur dalam satuan kilogram (kg).

c. Waktu

Waktu dapat diartikan sebagai selang antara dua kejadian atau dua peristiwa. Waktu dapat diukur menggunakan jam tangan atau stopwatch.

Pada satuan SI, waktu memiliki satuan detik atau sekon (s). Satu sekon standar merupakan waktu yang dibutuhkan atom Cesium untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.

Besaran Turunan

Besaran turunan merupakan  besaran-besaran yang dapat diturunkan dari besaran-besaran pokok. Contoh dari besaran turunan adalah seperti luas ruang kelasmu. Apabila meja berbentuk persegi panjang, maka luasnya merupakan hasil perkalian panjang dengan lebar. Perlu kamu perhatikan lebih lanjut  bahwa panjang dan lebar adalah besaran pokok panjang. Dalam SI, panjang dapat diukur dengan satuan meter (m) sama halnya lebar yang satuannya meter.  Luas dalam SI mempunyai satuan meter x meter, atau meter persegi (m2 ). Contoh dari besaran turunan yang lain adalah  seperti volume, konsentrasi larutan, dan laju pertumbuhan.