Mengonstruksi Bagian-bagian dalam Berdebat

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari bahwa debat adalah kegiatan untuk mempertahankan pendapat dengan disertai argumen yang mendukung pendapat.

Kegiatan 1
Merumuskan Mosi Berdasarkan Isu atau Permasalahan yang sedang Berkembang

Mosi dalam debat sama dengan topik dalam sebuah teks. Mosi menjadi dasar untuk pihak-pihak yang terlibat debat. Berdasarkan mosi, semua pihak bisa memberikan pendapat untuk mendukung pendapatnya tentang mosi.

Pada saat membuka debat, moderator bisa menyampaikan mosi yang didebatkan. Perhatikan contoh kutipan bagian pembuka debat berikut ini.

……
Siang ini kita akan mengikuti kegiatan debat antara Tim Afirmasi dari SMA Pembangunan Jaya, Tim Oposisi dari SMK Nusantara, serta Tim Netral dari MA Al-Ikhlas.

Pagi ini kedua tim akan berdebat tentang “Bahasa Indonesia tergantung pada bahasa asing.” Sebelum melaksanakan debat, saya akan membacakan tata tertib debat sebagai berikut.

Kutipan mosi diatas adalah bahasa Indonesia tergantung pada bahasa asing. Selain disampaikan oleh moderator, tak jarang anggota tim yang berdebat juga secara tersirat menyatakan opsi yang didebatkan. Perhatikan contoh kutipan teks debat berikut ini.

Saya tidak setuju jika kosa kata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa Indonesia disebabkan karena ketidakberdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antar bahasa. Kosa kata bahasa asing masuk kedalam bahasa Indonesia hanya digunakan sebagai persamaan kata yang bagi sebagian orang lebih mudah difahami. Namun, pada intinya dalam bahasa Indonesia itu sendiri, telah ada kosa kata yang berkaitan dengan kosa kata asing tersebut.

Pada kutipan teks pertama bisa diketahui bahwa isu atau masalah yang didebatkan (mosi) adalah: penerapan kosa kata bahasa asing ke dalam penggunaan bahasa Indonesia disebabkan ketidakberdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antarbahasa.

PELAJARI JUGA:  Pengertian Retorik dan Contoh Kalimatnya

Tugas 1

Petunjuk:
Bacalah penggalan debat berikut ini kemudian kerjakan soal berikut ini.

1. Tentukan mosi yang didebatkan.

Kutipan Debat
Menurut saya tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghujat. Televisi dan internet pun dengan bebas menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru.

Mosi
Tawuran pelajar terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal

Kutipan Debat
Memang benar pendapat yang menyatakan bahwa bencana alam terjadi karena ulah manusia. Namun, perlu diingat bahwa umur bumi yang makin tua juga menyebabkan terjadinya bencana alam bertubi-tubi. Perubahan iklim global ditambah ulah manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini.

Mosi
Bencana alam disebabkan oleh ulah manusia.

Kutipan Debat
Aksi brutal para supporter sepak bola yang sering terjadi akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit.’ Masyarakat lelah dengan tuntutan kehidupan yang keras. Sepakbola yang seharusnya menjadi ajang untuk menumbuhkan sportivitas dan menjalin persatuan, justru menjadi pelampiasan rasa ‘tidak puas’ rakyat terhadap kehidupan. Himbauan pemimpin dan tindakan tegas dari kepolisian terbukti tidak sanggup menghentikan aksi brutal para supporter sepak bola di tanah ar. Tewasnya dua suporter bola di tanah air dalam bentrok antar supporter bola dalam laga Piala TNI baru-baru ini makin menguatkan dugaaan bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit.’

PELAJARI JUGA:  Mengidentifikasi Kaidah Kebahasaan dalam Teks Ceramah

Mosi
Aksi brutal para supporter sepak bola akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat sedang ‘sakit.’

Kutipan Debat
Banyak masyarakat beranggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang gampang sakit. Padahal yang terjadi tidak seperti itu. Ketika fisik seseorang kehujanan, kelelahan, kemudian terkena kuman ia akan lebih mudah sakit. Artinya, sakit itu disebabkan oleh kuman, bukan perubahan cuaca.

Mosi
Anggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang jatuh sakit.

Kutipan Debat
Penolakan terhadap pelaksanaan Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak seharusnya terjadi. Sebaliknya, malah UNBK patut didukung. Selain dapat menekan penggunaan kertas, memepercepat penilaian hasil ujian secara akurat, juga dapat menekan angka kebocoran soal.

Mosi
Penolakan terhadap plaksanaan Ujian nasional Berbasis Komputer

2. Sebuah mosi harus merupakan pernyataan yang dapat ditolak atau diterima, bersifat kontroversial. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan pendapatmu.

Tugas 2
Berlatihlah menyusun mosi dengan bertolak dari tema-tema berikut ini.

  1. Tema dan Mosi
  2. Acara talkshow di televisi = Acara talkshow memberi contoh buruk tentang
    cara menyampaikan pendapat.
  3. Ujian Nasional = Ujian Nasional hanya menghambur-hamburkan
    uang rakyat, kurang bermanfaat.
  4. Membawa HP ke sekolah = Siswa dilarang membawa HP ke sekolah karena
    lebih banyak menimbulkan dampak buruk
    daripada bermanfaat.
  5. Budaya baca = Budaya baca di Indonesia masih harus terus
    ditingkatkan.