Mengungkapkan Kembali Keteladanan dalam Teks Biografi

Pada bagian sebelumnya, kamu telah mendengarkan teks biografi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang teks biografi dan tokoh yang diceritakan. Pada bagian ini, kamu akan mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi atau novel yang dibaca kembali secara tertulis.

Kegiatan 1

Menuliskan Kepribadian Unggul yang Dapat Diteladani dari Tokoh Biografi

Tokoh yang riwayat hidupnya ditulis dalam biografi biasanya memiliki kepribadian unggul lebih, dibandingkan orang lain. Kepribadian unggul lebih baik dibandingkan inilah yang biasanya mampu mengantarkan seseorang mencapai keberhasilan dalam kehidupannya.

Untuk dapat mengidentifikasi kepribadian unggul seseorang kita dapat melihat dari peristiwa/ permasalahan yang dialami seseorang serta bagaimana cara menghadapi semua itu.

 

Perhatikan contoh mengidentifikasi kepribadian unggul yang dimiliki oleh B.J. Habibie berikut ini. Kemudian, kamu lanjutkan menemukan kepribadian unggul lainnya berdasarkan kutipan yang disediakan.

Kutipan Teks Biografi

  1. B.J. Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia.
  2. Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.
  3. Demi ibunya yang telah bersusah payah membiayai hidup dan pendidikannya, Habibie belajar dengan sungguh-sungguh. Tekadnya ia harus jadi orang sukses.

Kepribadian Unggul

  1. Sosok panutan
  2. Pekerja keras.
  3. Berbakti kepada orang tuanya.

Berdasarkan contoh di atas, sekarang kerjakan tugas berikut ini.

Tugas
Bacalah kembali biografi George Saa dan Ardian Syaf di atas! Kemudian, identifikasilah karakter unggul tokoh yag diceritakan dengan menggunakan tabel berikut ini.

Judul teks Biografi: George Saa, Si Genius dari Papua

Kutipan Teks Biografi

  1. Sementara si Bungsu, Oge, meraih emas di panggung internasional. “Semua anak mama tidak manja dengan uang, sebab kami tidak punya uang,” tutur mama Nelc.
  2. Pemuda yang dikenal sebagai playmaker di lapangan basket ini adalah orang yang haus untuk belajar. Selalu ada jalan untuk orang-orang yang haus seperti Oge.
  3. “Saya tertarik fisika sejak SMP. Tidak ada alasan khusus kenapa saya suka fisika karena pada dasarnya saya suka belajar saja. Lupakan saja kata fisika, saya suka belajar semuanya,” katanya. “Semua mata pelajaran di sekolah saya suka. Saya suka kimia, sejarah, geografi, matematika, apalagi bahasa Indonesia. Saya selalu bagus nilai bahasa Indonesia,” tambahnya.
  4. Karena prestasinya itu, ia mendapat beasiswa ke Jakarta dari Pemerintah Provinsi Papua. Namun, mamanya melarang putra bungsunya berangkat ke Ibu Kota. Prestasi rupanya membutuhkan sedikit kenakalan dan kenekatan. Dibantu kakaknya, Frangky, Oge berangkat diam-diam.
  5. “Saya ingin jadi ilmuwan. Sebenarnya ilmu itu untuk mempermudah hidup. Ilmu pengetahuan dan teknologi itu membuat hidup manusia menjadi nyaman. Saya berharap kalau saya menjadi ilmuwan,
    saya dapat membuat hidup manusia menjadi lebih nyaman,” kata dia.
  6. Lelaki bertubuh gempal tersebut semula ingin menjadi pilot. Namun, karena kedua matanya minus 3,25, dia harus mengalihkan impiannya.
    ‘’Kalau nggak bisa menerbangkan pesawat, saya harus bisa membuat pesawat. Setidaknya, memahami teknologi pesawat terbang,’’ tegasnya.
BACA:  Pengertian, Unsur-Unsur dan Struktur Teks Berita

Kepribadian Unggul

  1. Tidak manja dan menerima keadaan.
  2. Memiliki rasa ingin tahu yang besar serta tidak mudah putus asa.
  3. Menyukai semua mata pelajaran.
  4. Mempunyai tekad yang kuat dalam meraih cita-cita.
  5. Peduli kepada sesama.
  6. Tidak mudah putus asa.

Judul teks Biografi: Adrian Syaaf, Komikus Indonesia yang Mendunia

Kutipan Teks Biografi

  1. “Sejak tahun 2005, saya mulai melamar untuk menjadi ilustrator penerbit dunia. Caranya, saya memasang lamaran pekerjaan untuk menjadi ilustrator di berbagai web, dengan dilengkapi ilustrasi terbaik karya saya. Tapi, lama sekali enggak dapat order. Paling hanya order membuat komik tanpa imbalan. Meski begitu, tetap saya kerjakan, sambil mengasah kemampuan menggambar,” kata Ardian.
  2. “Awalnya, per halaman dibayar 25 dolar. Itu pun komik pendek 8 halaman. Selama dua tahunan, saya hidup dari order-order kecil. Saya yang waktu itu sudah menikah, sempat putus asa. Sempat ingin bekerja di kota besar,” jelasnya.
  3. Sebenarnya Aan sering diminta penerbit untuk menghadiri event komik di AS. …. Tahun lalu, Aan
    sebenarnya juga diundang ke Afrika Selatan untuk acara komik internasional. Uniknya, Aan tak pernah memenuhi undangan. “Saya lebih suka tinggal di desa,” ujarnya tenang.
BACA:  Cara Menulis Resensi

Kepribadian Unggul

  1. Tidak mudah putus asa.
  2. Tidak mudah putus asa.
  3. Sederhana

Pada biografi Ardian Syaf banyak dijumpai istilah di bidang komik.

Berikut penjelasan istilah tersebut.

  1. Agency : penyelia, perantara yang menghubungkan antara seseorang yang menyediakan layanan jasa dengan penerima jasa. Misalnya perantara menghubungkan seorang model dengan produser film dan perantara yang menghubungkan antara komikus dengan perusahaan komik.
  2. Book signing : penandatanganan buku oleh penulisnya. Biasanya book signing dilakukan saat launching. Para pembeli buku akan meminta para penulisnya menandatangani buku yang mereka beli.
  3. Ilustrator : seniman yang berprofesi khusus di bidang seni rupa yakni umumnya sebagai pencipta atau penyedia gamba rilustrasi demi memperjelas maksud suatu tulisan tertentu atau demi membuat terlihat menarik tampilannya.
  4. Kontrak eksklusif : kontrak kerja yang berbeda, berbeda besaran gaji dan fasilitas yang diterima atau masa kerja, dengan karyawan lain. Biasanya, penerima kontrak eksklusif ini memiliki hasil kerja yang sangat bagus.
  5. Kreator : pencipta.
  6. Launching : peluncuran karya ke masyarakat umum.
  7. Lay outer : orang yang tugasnya menata isi suatu buku agar buku nyaman dibaca dan memiliki nilai keindahan.
  8. Order : pesanan.
  9. Penciller : orang yang pekerjaannya membuat sketsa gambar untuk komik.