Mengembangkan Teks Prosedur

Memahami struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur merupakan hal yang terpenting untuk mengetahui maksud teks tersebut. Pemahaman tentang teks prosedur sangatlah penting jika kita tidak berharap memperoleh efek berbahaya. Paling tidak, petunjuk itu menjadi tidak efektif. Teks prosedur yang salah dapat berisiko tinggi apabila petunjuk itu berkenaan dengan sesuatu yang membahayakan, misalnya berupa penggunaan mesin atau obat-obatan. Ketidakjelasan prosedur dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Dengan demikian, langkah-langkah adalah utama dalam suatu teks prosedur.

Kegiatan 1

Menyusun Rancangan Garis Besar Suatu Prosedur

1. Mengartikan Kata-kata Sulit
Kata-kata yang dianggap sulit dapat kamu temukan maknanya melalui kamus. Arti kata yang berdasarkan kamus disebut dengan makna leksikal. Arti kata yang berdasarkan konteks kalimat disebut dengan makna struktural.

Kata
Kualifikasi

Makna Leksikal
1) pendidikan khusus untuk memperoleh suatu keahlian
2) keahlian yang diperlukan untuk melakukan sesuatu (menduduki jabatan dan sebagainya)
3) tingkatan
4) pembatasan

Makna Struktural
keahlian yang diperlukan untuk melakukan sesuatu pekerjaan

Kata
Kandidat

Makna Leksikal
1) calon; bakal
2) pengikut (penempuh ujian)

Makna Struktural
calon pegawai

Kata
Verbal

Makna Struktural
1) (secara) lisan (bukan tertulis)
2) (bersifat) hafalan
3) kata kerja

Makna Leksikal
secara lisan

2. Memaknai Maksud Teks secara Keseluruhan
Tujuan hal ini adalah untuk mengetahui topik umum beserta langkah-langkah yang ada di dalam suatu teks prosedur. Misalnya, teks tentang teknik wawancara yang telah kamu pelajari sebelumnya. Topik umumnya adalah cara mengikuti suatu wawancara ketika melamar kerja. Topiknya adalah langkah-langkah yang isinya mengarahkan seorang pencari kerja dalam mengikuti tes wawancara sehingga ia diterima di suatu perusahaan.

PELAJARI JUGA:  Pengertian Teks Deskripsi, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi

Tugas
1. Bacalah dengan saksama teks berjudul “Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin” di bawah ini! Kemudian, ikuti instruksi yang menyertainya!

Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin

Setiap orang tentu ingin pulang kantor tepat waktu. Sayangnya, ada saja hal yang membuat keinginan tersebut sulit terwujud, mulai dari mengantuk hingga tidak fokus mengerjakan satu hal. Padahal, jika kita bekerja dengan tepat, pulang telat takkan terjadi, lho. Berikut tiga cara supaya kita dapat pulang tepat waktu.

a. Skala Prioritas
Sesampainya di kantor, pasti setumpuk pekerjaan sudah menanti, mulai dari yang mudah hingga sulit, mendesak hingga santai. Pikirkanlah dengan mendahulukan pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu. Ini berarti kita harus pandai menentukan apa saja pekerjaan yang memang perlu diselesaikan hari itu juga.

b. Sedikit Berpikir
Percaya tidak, semakin sering hal kecil dipikirkan, akan semakin susah untuk kita menyelesaikannya. Ini biasanya terjadi karena kita berpikir bahwa pekerjaan ini akan memakan banyak waktu dan sulit untuk segera diselesaikan. Padahal sebenarnya pekerjaan ini bisa dikerjakan dalam waktu singkat. So, don’t think, just do!

c. Istirahat
Mengerjakan pekerjaan tanpa batas waktu tidak menjamin kita bisa segera pulang tepat waktu. Ketika tubuh dan otak bekerja keras selama beberapa waktu, tentu diperlukan waktu untuk beristirahat sejenak. Ada baiknya, isilah istirahat dengan hal yang tidak membuat kita lupa waktu, tetapi lakukan hal-hal yang membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

PELAJARI JUGA:  Contoh Penerapan Negosiasi

Nah, dengan begitu pekerjaan cepat selesai, kita bisa pulang tepat waktu dan bisa melakukan berbagai hal lain di luar pekerjaan.

Setelah selesai membaca teks di atas, ikuti kegiatan berikut ini.

  1. Secara berkelompok, catatlah kata-kata sulit yang ada di dalam teks tersebut!
  2. Tentukanlah maksud dari isi teks tersebut!
  3. Jelaskan pula arti penting teks tersebut bagi pembacanya!
  4. Sajikanlah hasil kegiatanmu dalam rubrik penilaian berikut.

Contoh Jawaban

Judul : Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin
Sumber : Surat Kabar Kompas

Kata-kata Sulit
Skala, prioritas, fokus

Maksud Isi Teks
Teks tersebut bermaksud memberi motivasi untuk tetap semangat bekerja terutama pada hari Senin. Hari Senin merupakan awal kegiatan yang harus dijalani karena biasanya hari pertama masuk kerja merupakan hari panjang yang harus dilalui yaitu dari Senin sampai Jumat atau Sabtu.

Arti Penting Teks
Pentingnya teks berjudul “Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin” ialah agar pembaca dapat memahami dan termotivasi melalui beberapa cara atau tips yaitu membuat skala prioritas, sedikit berpikir (lakukan selebihnya), dan luangkan waktu cukup untuk istirahat.