Batuan Beku yang Banyak di Alam

 

Batuan yang ada di alam memiliki bentuk yang bermacam-macam. Apakah kalian mengetahuinya? Batuan-batuan yang di alam ini memang memiliki bentuk yang beraneka ragam karena asal mula terbentuknya batuan tersebut berbeda tempat. Nah, sebaiknya kamu simak pembahasan berikut ini untuk mengetauinya.

 

Granit

Granit merupakan batuan beku dalam yang memiliki mineral berbutir kasar hingga sedang. Warna dari batu granit ini begitu terang misalnya seperti warna putih, kelabu, merah jambu atau merah. Adanya warna-warna tersebut disebabkan oleh variasi warna dari mineral feldspar. Batuan-batuan granit terbentuk jauh di dalam bumi akan tetapi kemudian tersingkap oleh adanya erosi dan tektonik.

PELAJARI JUGA:  Mengenal Sumpah Palapa Patih Gajah Mada

Granodiorit

Granodiorit merupakan batuan beku dalam yang mineralnya memiliki butiran kasar hingga sedang. Warna batuan ini berwarna terang hampir mirip batuan granit. Batuan ini dapat dimanfaatkan untuk pengeras jalan, pondasi, dan lain sebagainya.

 

Diorit

Diorit merupakan batuan beku dalam yang mineralnya memiliki butiran kasar hingga sedang. Warna dari batuan diorit ini tampak agak gelap. Diorit ini termasuk batuan yang banyak terdapat di alam. Batuan diorit ini dapat dimanfaatkan untuk pengeras jalan, pondasi, dan lain-lain.

Andesit

Andesit merupakan batuan leleran yang berasal dari diorit. Batuan ini memiliki mineral yang berbutir halus, komposisi mineralnya sama dengan batuan diorit akan tetapi warnanya kelabu. Batuan andesit ini banyak dimanfaatkan sebagai pengeras jalan, pondasi, bendungan, konstruksi beton, dan lain-lain. Sedangkan batuan andesit  yang memiliki struktur lembaran banyak dipakai sebagai batu tempel.

PELAJARI JUGA:  Penyakit pada Tanaman Karena Virus

Gabro

Gabro termasuk ke dalam batuan beku dalam yang berwarna hitam. Batuan gabro memiliki mineral yang berbutir kasar hingga sedang. Batuan ini dapat dimanfaatkan untuk pengeras jalan, pondasi, dan pelapis dinding.

Basal

Basal merupakan batuan yang berasal dari leleran batuan gabro. Batuan ini memiliki mineral yang berbutir halus dan berwarna hitam. Batuan ini biasanya digunakan sebagai pengeras jalan, pondasi, bendungan, konstruksi beton, dan lain-lain.