Macam-Macam Galaksi

 

Pernahkah kalian mendengar istilah galaksi? Menurut kalian apa yang dimaksud dengan galaksi. Istilah galaksi memang sangat berhubungan dengan benda-benda angkasa. Galaksi merupakan suatu kumpulan bintang yang membentuk suatu sistem terdiri dari satu atau lebih benda angkasa yang berukuran besar dan dikelilingi benda angkasa lainnya sehingga terlihat mengelilingi sacara teratur. Berikut ini beberapa bentuk galaksi yang perlu kalian ketahui.

 

Galaksi spiral

Galaksi spiral terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian utama dari galaksi spiral adalah halo, bidang galaksi, dan bulge. Sedangkan anggota dari galaksi spiral ini adalah bintang-bintang muda dan tua. Bintang-bintang tua terletak pada gugus-gugus bola yang tersebar menyelimuti galaksi. Nah, gugus bola merupakan kumpulan bintang-bintang yang jumlahnya mencapai puluhan hingga ratusan ribu bintang yang lahir bersama-sama dan mengumpul berbentuk bola. Gugus-gugus bola tersebut membentuk halo bersama sama dengan bintang-bintang yang tidak berada di bidang galaksi.

PELAJARI JUGA:  Bagian-bagaian Telinga Manusia

Galaksi elips

Galaksi elips ini terdiri dari kurang lebih 17 % dari jumlah galaksi yang telah dikenal. Galaksi ini mirip dengan bentuk dasar bulatan besar yang berbentuk lonjong atau elips di angkasa dan memancarkan sinar yang relatif terang. Contohnya dari galaksi yang berbentuk elips adalah galaksi fornax dan galaksi skulpter.

 

Galaksi tak beraturan (Irregular galaxy)

Irregular galaksi merupakan galaksi yang tidak mempunyai bentuk dasar spiral ataupun elips. Hal tersebut berarti bahwa galaksi tersebut hanya terlihat seperti suatu kumpulan bintang dan benda-benda angkasa lainnya yang letaknya tidak beraturan. Contoh dari irregular galaksi adalah Galaksi Magellan.