Pengendalian Sosial Dalam Masyarakat

Kita hidup di masyarakat, sehingga apa yang kita lakukan di tengah-tengah masyarakat haruslah sesuai dengan aturan dan norma yang ada dalam masyarakat tersebut. Jika kita tidak mengikuti norma yang terdapat dalam masyarakat tersebut, maka nantinya kita akan mendapatkan cap maupun predikat sebagai seorang yang pembangkang bahkan sebagai sampah masyarakat.

Sehingga apabila kita maupun orang lain yang akan hidup ataupun sudah hidup di lingkungan masyarakat secara luas maka membutuhkan suatu pengendalian sosial. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengendalian sosial tersebut ? pengendalian sosial menurut pakar sosiologi yang bernama bruce j cohen mengatakan bahwa pengendalian sosial adalah cara-cara maupun metode yang biasanya digunakan untuk mendorong seseorang agar berperilaku selaras dengan kehendak kelompok atau masyarakat luas tertentu.

Dan pengendalian sosial sendiri memiliki ciri-ciri antara lain adalah pengendalian sosial ini sebagai cara ataupun metode ataupun tekhnik tertentu yang dipergunakan oleh masyarakat untuk mengatasi maupun mencegah suatu perubahan yang terkadang memiliki dua sisi yakni sisi baik dan juga sisi buruk.

PELAJARI JUGA:  Pengertian dan Fungsi Sosiologi Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengendalian sosial ini juga biasanya dipergunakan untuk mewujudkan keselarasan antara stabilitas dengan perubahan-perubahan yang terus-menerus terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengendalian sosial ini juga biasanya dapat dilakukan oleh satu kelompok terhadap kelompok yang lainnya, ataupun suatu kelompok terhadap individu yang lainnya. Pengendalian sosial biasanya dilakukan secara timbal balik meskipun biasanya tidak disadari oleh kedua belah pihak yang sedang melakukan pengendalian sosial tersebut.

Pengendalian sosial ini juga memiliki suatu tujuan yakni agar terwujud keserasian dan juga rasa tenteram dalam kehidupan bermasyarakat. Biasanya juga bertujuan agar para pelaku penyimpangan sosial dapat kembali mematuhi norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Pengendalian sosial juga memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah agar mempertebal keyakinan masyarakat terhadap suatu norma sosial. Selain Itu fungsi dari pengendalian sosial adalah memberikan imbalan bagi warga yang menaati hukum maupun yang melanggar hukum.

PELAJARI JUGA:  Bentuk-Bentuk Proses Interaksi Sosial

Biasanya orang yang melanggar hukum akan diberikan sanksi maupun suatu hukuman sedangkan bagi seseorang maupun warga yang menaati suatu hukum di masyarakat maka akan diberikan pujian.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai pengendalian sosial dalan masyarakat. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.