Pengaruh Air Sungai Terhadap Kehidupan Manusia

Posted on

Semua makhluk hidup membutuhkan air tanpa terkecuali. Air merupakan sumber kehidupan yang mampu membantu keberlangsungan hidup tumbuhan, hewan, dan manusia. Nah, bagaimana dengan manfaat air sungai?  Air sungai juga memiliki banyak manfaat diantaranya seperti keperluan minum, mandi, dan mencuci, hingga kebutuhan yang lebih kompleks. Berikut ini pembahasannya.

Irigasi atau pengairan

Irigasi atau pengairan dari air sungai sangatlah bermanfaat apalagi di daerah kering yang membutuhkan air untuk mengairi sawah. Bahkan saat ini di daerah basah juga memerlukan pengairan sehingga memperoleh hasil yang lebih menguntungkan.

Sumber tenaga

Air dapat dimanfaatkan untuk penggerak turbin yang dihubungkan dengan generator, sehingga mampu menghasilkan pembangkit tenaga listrik (PLTA).

PELAJARI:  Inilah Lapisan Bumi yang Perlu Kamu Ketahui

Keperluan domestik

Air juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan primer rumah tangga misalnya seperti air minum, memasak, mencuci, dan mandi. Bahkan bagi sebagian masyarakat kota, air sangat bermanfaat untuk menyiram tanaman dan rumput hias di halaman.

Sumber penghasil bahan makanan mentah

Air yang ada di sungai tentu banyak memiliki bermacam-macam ikan, udang, dan sebagainya. Nah hal tersebut  dapat dijadikan sebagai sumber bahan makanan.

Industri

Air sungai juga digunakan oleh sebagian besar industri. Contohnya di daerah perkotaan, air dinilai dangat penting karena dipakai untuk pencuci bahan dasar, pencair, atau pelarut bahan.

Transportasi

Sejak zaman dulu, orang-orang banyak yang memanfaatkan air sebagai jalur transportasi sehingga mempermudah untuk menjangkau ke suatu tempat.

PELAJARI:  Keanekaragaman Kenampakan Alam Daratan

Rekreasi dan olah raga

Sungai atau danau juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi alam yang edukatif. Banyak orang yang sudah memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi dan olahraga misalnya seperti berenang, dayung, arung jeram, selancar angin, dan sebagainya.