Alat Pernapasan Manusia

Posted on

Manusia memiliki sistem pernapasan yang kompleks, meliputi inspirasi dan ekspirasi. Inspirasi adalah cara pengambilan udara dari lingkungan, sementara ekspirasi adalah pengeluaran udara yang tidak diperlukan oleh tubuh. Bagaimana kerja sistem pernapasan manusia?Ayo simak pada pembahasan berikut ini.

Rongga hidung

Rongga hidung menjadi saah satu alat pernapasan paling awal yang fungsinya sebagai jalanmasuknya udara. Hidung juga memiliki fungsi sebagai indera penciuman.Pada rongga hidung terdapat selaput lendir dan rambut-rambut halus yang sangat penting untuk menyaring udara yang masuk hidung; menghangatkan udara sehingga udara dari luar akan sama suhunya dengan tubuh; dan melembapkan udara.

Trakea (batang tenggorokan)

Trakea atau batang tenggorokan memiliki bentuk seperti  pipa yang dibentuk oleh tulang tulang rawan yang berbentuk cincin yang terdiri dari 15 – 20 cincin. Batang tenggorokan ini memiliki sel-sel epitel bersilia fungsinya untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke alat pernapasan bersama udara.

PELAJARI:  Jenis-jenis Tanah yang Ada di Bumi

Bronkus (cabang batang tenggorokan)

Bronkus merupakan suatu batang tenggorok yang merupakan lanjutan dari trakea bercabang dua. Struktur bronkus mirip dengan trakea. Bronkus merupakan suatu saluran yang dapat menghubungkan trakea dengan paru-paru. Adapun bronkus yang terdapat didalam paru-paru bercabang-cabang dan makin kecil dapat disebut sebagai bronkiolus.

Paru-paru (pulmo)

Paru-paru merupakan organ vital yang terdapat di dalam rongga dada (thoraks). Rongga dada dan rongga perut dapat dipisahkan oleh suatu selaput yang bernama diafragma. Paru-paru memiliki suatu kantong berselaput yang menyelubunginya. Selaput tersebut dinamakan pleura parietalis dan pleura viseralis. Paru-paru terdiri dari  paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kiri memiliki dua lobus, sementara paru-paru kanan memiliki tiga lobus.