Tanaman Yang Termasuk Ke dalam Kelompok Dikotil

Kelompok tumbuhan yang menjadi bagian dalam kelompok yang bersifat dikotil adalah tanaman yang menyimpan biji – bijian berkeping dua.

Tanaman jenis ini mudah dikenali melalui ciri – ciri dari tanaman dikotil antara lain sebagai berikut mempunyai sepasang daun lembaga yang dikenal dengan istilah kotiledon.

Ciri – ciri lain dari tanaman yang termasuk ke dalam kelompok dikotil selain menyimpan sepasang daun lembaga yang telah terbentuk sejak dalam bentuk biji.

Hasl ini adalah memiliki pembuluh pengangkut yang sifatnya teratur dan membentuk lingkaran / cincin, mempunyai jumlah kelopak bunga yang beragam mulai dari 2, 4, 5, atau kelipatan dari angka – angka tersebut, banyak cabang dalam satu batang.

 

Pada bagian akar dan batang menyimpan kambium yang dengan mudah tumbuh membesar, keping bijinya berjumlah dua, tidak mempunyai tudung akar, menyimpan pola tulang daun berbentuk sumsum menyirip atau menjari, dan bentuk akar bersifat tunggang.

Struktur Tanaman Kelompok Dikotil 

Tersebut di bawah ini adalah struktur tanaman dikotil antara lain sebagai berikut :

1/Daun

Daun dalam hal ini adalah salah satu bagian tanaman yang secara garis besar memiliki bentuk lembaran pipih dan berwarna hijau.

Daun memiliki fungsi sebagai wadah untuk proses pembuatan makanan bagi tanaman yang diberi istilah proses fotosintesis. Khusus pada tanaman dikotil mempunyai pertulangan daun dengan bentuk menjari atau menyirip dan menyimpan jaringan tiang.

Masing – masing daun memiliki stomata yang berfungsi sebagai organ penting untuk respirasi daun. Bentuknya menyerupai lubang – lubang kecil dan lonjong yang dikelilingi oleh dua sel epidermis disebut sebagai sel penutup dan hanya dimiliki oleh daun yang berwarna hijau saja.

Stomata terletak pada bagian permukaan daun yang memungkinkan tanaman bersangkutan melakukan pertukaran gas. Nah berikut di bawah ini beberapa struktur daun yang dimiliki oleh tanaman dikotil antara lain sebagai berikut :

Epidermis

Struktur ini mengandung sel – sel kipas dan juga stomata. Selanjutnya epidermis daun akan bermodifikasi menjadi trikoma yang memiliki fungsi untuk melindungi dan memantulkan radiasi cahaya matahari.

Berkas pengangkut

Struktur ini biasa terletak di bagian tulang daun yang menyimpan susunan menyerupai batang. Yang dimaksudkan dengan berkas ini adalah gabungan yang terjadi antara xylem dengan floem.

BACA:  Mengenal Mikroskop Beserta Fungsi

Jaringan dasar

Bagian ini terletak diantara bagian epidermis, yaitu bagian epidermis atas dan bawah. Ini merupakan daerah utama tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

2/Batang

Batang ini merupakan salah satu bagian tanaman yang letaknya di bagian permukaan tanah dan menyimpan peranan utama sebagai tempat tumbuhnya daun dan media lintasan air, mineral, serta makanan.

Di bawah ini kami berikan beberapa struktur batang antara lain sebagai berikut :

Epidermis

Bagian ini adalah salah satu jaringan terluar batang yang disusun oleh organ – organ hidup dengan dibatasi oleh dinding organ yang sangat tipis. 

Korteks

Memiliki letak diantara lapisan endodermis yang masing – masing memiliki 2 sel di dalam bagian ini yaitu dikenal dengan istilah kolenkim dan parenkim.

Xylem

Adalah bagian dari batang yang tersusun atas elemen seperti trakea, serat xylem, dan parenkim xylem, masing – masing memiliki fungsi untuk membangun batang.

Endodermis

Adalah salah satu bagian yang terletak di bagian bawah lapisan epidermis.

Floem

Adalah bagian yang terdiri dari sel – sel penyusun berupa organ yang disebut tapis, juga ada komponen pembuluh tapis sel pengantar, serat floem dan parenkim floem.

Kambium

Bagian ini adalah salah satu bagian yang menjadi pembeda antara tanaman dikotil dengan tanaman monokotil.

3/Akar

Yang dimaksud dengan bagian akar ini adalah sekumpulan sel – sel dalam tanaman yang bersangkutan yang letaknya di dalam tanah dan memiliki bagian khusus berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari tanah lalu melekatkannya dan menjadi pondasi agar tanaman dapat tumbuh tegak dan kokoh. 

Tanaman Dikotil dan Klasifikasinya

Tanaman dikotil memiliki dua klasifikasi antara lain sebagai berikut :

1/Klasifikasi tanaman kelompok jarak – jarakan / euphorbiaceae

Ciri – ciri yang mudah dikenali antara lain sebagai berikut : batang tanaman ini mengandung getah, tulang – tulang daun menjari, buah bersifat kendaga yaitu mempunyai 3 ruang yang masing – masing menyimpan 1 buah biji. Contohnya adalah tanaman ceremai, ubi kayu, karet, pohon jarak dan tanaman hias puring.

BACA:  Pengertian Serta Tumbuhan yang Tidak Memiliki Klorofil

2/Klasifikasi yang dikenal dengan istilah moraceae

Termasuk ke dalam kelompok tanaman ini adalah tanaman beringin dan keluwih.

3/Klasifikasi papilionaceae

Ciri yang tersimpan di dalamnya adalah memiliki bunga berbentuk seperti kupu – kupu, berbuah polong, dalam setiap buah memiliki beberapa ruang biji dan masing – masing ruang biji memiliki sebuah biji.

Contoh tanaman dalam klasifikasi ini adalah semua jenis kacang – kacangan.

4/Kelompok tanaman caesalpiniaceae

Rata – rata yang termasuk ke dalam kelompok tanaman ini adalah pepohonan perdu yang menyimpan buah polong. Contohnya adalah tanaman flamboyant, kembang merak, dan malvaceae.

5/Kelompok tanaman dengan klasifikasi diberi istilah mimosaceae

Ciri paling menonjol dalam klasifikasi ini adalah hampir sebagian besar tanaman yang termasuk ke dalamnya adalah jenis tanaman perdu dan mempunyai buah polong. Contohnya adalah putri malu, lamtora, dan saga. 

6/Klasifikasi malvaceae

Ciri yang ditonjolkan dalam kelompok tanaman ini adalah sebagian besar adalah dari tanaman sejenis semak atau perdu, memiliki mahkota bunga sebanyak 5 yang masing – masing saling melekat dan pendek.

Contohnya adalah tanaman kapas dan waru.

7/Klasifikasi bombacaceae

Ke dalam klasifikasi tanaman ini contohnya adalah tanaman durian.

8/Klasifikasi tanaman dengan istilah rutaceae

Contohnya adalah tanaman jeruk keprok.

9/Klasifikasi tanaman dengan istilah solonacaeae

Masing – masing tanaman yang termasuk ke dalam klasifikasi ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut: berupa semak, memiliki bunga berbentuk terompet atau bintang, memiliki mahkota bunga sebanyak 5 helai dan antara satu dengan yang lainnya saling melekat, memiliki benang sari sebesar 5 buah dan putik 1 buah. Contohnya adalah cabe, tomat, kentang dan tanaman tembakau.

10/Klasifikasi tanaman dengan istilah myrtaceae

Ciri – ciri yang dimiliki antara lain sebagai berikut : semua jenis tanaman ini adalah dari kelompok pohon berkayu atau tanaman perdu. Memiliki mahkota bunga berbentuk kecil – kecil disertai benang sari yang banyak.

Contohnya adalah tanaman jambu air, jambu biji, jambu monyet, jambu batu dan cengkeh.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang tumbuhan yang termasuk ke dalam kelompok dikotil. Semoga bermanfaat.