Olahraga yang Bagus Untuk Pernafasan Manusia

Agar tubuh sehat, banyak tersedia pilihan olahraga yang bisa anda lakukan. Mulai dari olahraga permainan seperti futsal, bulutangkis atau voli. Atau olahraga air seperti renang dan polo air.

 

Olahraga senam seperti aerobik, yoga atau senam lantai. Beberapa diantara olahraga tersebut ternyata bagus dimanfaatkan untuk melatih pernapasan anda.

Olahraga yang baik untuk pernapasan adalah olahraga yang cocok dilakukan oleh mereka yang menderita asma atau orang yang memang tidak mampu untuk mengambil napas panjang.

Menurut penelitian kesehatan menjelaskan bahwa otot – otot pernapasan memang perlu mendapatkan latihan agar bisa melakukan performa yang baik.

Apabila anda giat berlatih maka performa pernapasan anda bisa naik sebesar 15 persen dibandingkan dengan orang yang jarang melakukan latihan pernapasan.

Ada beberapa jenis olahraga yang tepat direkomendasikan bagi orang yang berniat melatih pernapasan atau olah nafas. Olahraga tersebut adalah sepak bola, bersepeda, renang dan lari. Anda bisa memilih salah satu olahraga diantara keempat olahraga tersebut yang banyak digemari di Indonesia.

Olahraga Sepakbola

Sepakbola merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh kelompok laki – laki di Indonesia. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa.

Olahraga sepakbola ternyata adalah salah satu jenis olahraga yang bagus untuk melatih pernapasan anda. Namun harus dibarengi oleh pola hidup yang sehat dengan memperhatikan pola makan makanan yang bergizi dan sehat, hindari merokok, minum – minuman keras dan begadang.

Olahraga Bersepeda

Menurut penelitian kesehatan menjelaskan bahwa seorang atlet balap sepeda rata – rata menyimpan kapasitas paru – paru yang luarbiasa tinggi.

Kapasitas paru – paru dari atlet balap sepeda ini adalah sekitar 8 liter yaitu 2 liter lebih tinggi dibandingkan kapasitas paru – paru setiap orang.

Faktor genetik juga berpengaruh namun disertai dengan pelatihan pernapasan yang teratur agar mempunyai kapasitas yang tinggi.

Bersepeda yang rutin pada waktu pagi atau sore hari setiap hari dapat melatih pernapasan anda menjadi kuat dimana satu dorongan panjang yang dilakukan saat bersepeda bisa untuk menarik napas secara cepat dan dalam lalu keluarkan secara perlahan – lahan.

Kapasitas paru – paru anda akan semakin tinggi dan sistem pernapasan bisa bekerja secara maksimal.

Olahraga Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menjadi favorit semua orang di Indonesia. Olahraga ini bisa dilakukan dengan rileks dan menyimpan segudang manfaat.

Sebagian orang menghubungkan olahraga yang satu ini untuk penyaluran hobi dan rekreasi. Namun melakukan olahraga renang membutuhkan latihan khusus terutama yang berhubungan dengan tehnik pernafasan dengan benar sehingga tehnik renang bisa dilakukan dengan baik.

Sebuah gerakan renang yang benar akan memberikan ruang udara yang cukup terhadap wajah saat anda menarik dan mengeluarkan nafas di udara lalu menyelam di bawah air memungkinkan anda melakukan tehnik pernapasan yang tepat.

Berikut ini kami berikan beberapa tehnik pernapasan yang baik ketika sedang berenang di dalam air, antara lain sebagai berikut :

  • Lakukan olah nafas dengan tehnik rolling kepala ke sisi samping dan jaga pengaturan nafas di bawah air. Hindari untuk melihat ke atas ketika mengambil nafas. Tetaplah fokus kepada pemutaran tubuh saat anda sedang berenang dan ketika mengambil nafas di sisi samping wajah.
  • Jangan mengangkat kepala terlalu ke atas saat berenang karena bisa memecah konsentrasi. Letakkan satu tangan di depan anda dan tangan yang lainnya di bagian sisi bawah. Lalu putarlah kepala hingga membentuk sudut rata – rata 45 derajat di dalam air. Dan pandang ke bawah dengan fokus lalu lakukan gerakan – gerakan menendang pada kaki. Putar sekali lagi kepala anda guna menemukan posisi tehnik olah nafas yang benar.
  • Usahakan mengambil nafas hanya pada satu sisi saja. Mulailah dengan saat anda merasa nyaman dengan posisi pengambilan nafas yang dimaksudkan. Seperti melalui pernafasan bilateral ketika anda sudah menguasai satu sisi, maka pernafasan bilateral ini bisa membantu anda untuk berenang di garis yang lurus.

Olahraga Lari

Menurut penelitian kesehatan menjelaskan bahwa saat anda sedang melakukan latihan kardio maka sekitar 80 persen latihan dilakukan oleh diafragma.

Diafragma mampu memaksimalkan kinerja pada sistem pernafasan anda sekaligus untuk meningkatkan stamina serta menambah daya tahan tubuh. Maka dari itu diafragma wajib diberi pelatihan khusus, berikut ini beberapa tips guna melatih diafragma :

  • Melakukan pernafasan yang terkoordinasi. Maksudnya adalah menarik dan mengeluarkan nafas pelan – pelan dalam 2 hitungan atau mengaplikasikan pola 2 – 2. Setelahnya lakukan pola 3 – 3 hingga pola 4 – 4.

Setelah selesai melakukan olah nafas maka dilanjutkan dengan olahraga lari adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem kardiovaskular di dalam tubuh anda.

Olahraga lari merupakan salah satu olahraga yang sederhana bahkan tidak memerlukan alat bantu namun kaya akan manfaat. Meskipun demikian, olahraga lari menurut kebanyakan orang justru menyebabkan anda mudah kehabisan nafas.

Mengapa ini bisa terjadi ? Kehabisan nafas ketika anda sedang olahraga lari sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor. Pertama adalah anda melakukan kesalahan dalam gerakan lari. Kedua sedang mengidap penyakit asma dan ketiga adalah memiliki alergi tertentu.

Bagi penderita asma dan alergi diberikan beberapa teknik khusus agar dapat berlari dengan baik dan benar, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Melakukan olah pernafasan sekitar 20 menit sebelum lari. Mulailah olah nafas ini dengan jogging atau lari dengan kecepatan yang biasa – biasa saja. Pemanasan ini berfungsi untuk menyiapkan kondisi tubuh dan otot agar siap melakukan olahraga berat selanjutnya. Olah nafas dapat menghindarkan anda dari cedera. Dengan melakukan olahraga secara bertahap maka bisa meningkatkan denyut jantung dan pernafasan menjadi teratur serta kuat. Apabila tubuh mulai berkeringat maka ini pertanda bahwa anda sudah panas dan siap guna melakukan gerakan – gerakan olahraga selanjutnya. Jadi kesimpulannya adalah setelah melakukan pemanasan maka anda sudah dapat mempercepat langkah anda.
  • Praktekkan teknik olah nafas yang tepat. Mengambil cara pernafasan yang salah adalah salah satu penyebab anda mudah kehabisan nafas ketika sedang berlari. Apabila pernafasan anda sifatnya terlalu dangkal maka kurang baik terhadap sirkulasi udaranya. Maka cobalah bernafas dalam posisi tubuh diam, tegak tetapi tidak tegang dan tenangkan diri. Tarik napas semaksimal mungkin lalu perlahan – lahan buang sambil menurunkan bahu. Saat anda mengeluarkan napas dalam – dalam maka akan diikuti oleh keluarnya udara dari paru – paru. Ini adalah salah satu teknik olah pernapasan perut. Bisa dilihat pada gerakan perut yang naik dan turun.
  • Coba terlebih dahulu melakukan lari dalam ruangan. Anda bisa memakai tehnik treadmill untuk hal ini. Jika anda kesulitan karena masalah alergi maka berlari di dalam ruangan dapat membantu mengurangi alergi karena debu, suhu yang dingin, kelembaban dan lain sebagainya.
  • Cobalah berjalan dengan langkah kaki yang panjang akan membantu membuat anda melangkah lebih jauh dengan usaha yang ringan dan akan mengurangi tuntutan yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular anda. Ini juga berpengaruh terhadap irama nafas akan mengikuti gerakan langkah kaki anda saat berjalan. Tentu saja saat anda melangkah maka anda pastilah akan bernafas. Ini bisa untuk mengurangi resiko anda kehilangan nafas.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang olahraga yang bagus untuk pernafasan manusia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.