Pengertian, Manfaat, dan Langkah Nyata Untuk Go Green

Apakah anda pernah mendengar istilah “go green”? Atau bahkan sudah melihat kata – kata ini tercetak di kaos seseorang dan menjadi beberapa baliho di sudut jalan?

Kebanyakan dari anda mungkin akan mengiyakan pertanyaan – pertanyaan tersebut. Meskipun demikian pasti ada satu diantara kalian yang kemungkinan belum pernah melihat tulisan go green.

Istilah go green beberapa tahun terakhir ini memang mulai populer dikumandangkan dan berhasil menarik perhatian warga masyarakat di dunia.

Selanjutnya banyak ilmu pengetahuan mengikuti prinsip yang terselip di dalam go green sehingga menjelma menjadi green science atau bidang ekonomi yang mengusung konsep terbaru berhubungan dengan go green yang dikenal dengan istilah green economy dan yang lainnya.

 

Kepopuleran konsep go green belum selesai hingga tersebut di atas saja. Jiwa dan raga go green berhasil merasuki bidang – bidang lain, salah satu contoh adalah di Universitas Indonesia sedang booming visi dan misi yang mengusung konsep green campus.

Selanjutnya diperkenalkan kepada warga masyarakat sekitar hingga sekolah – sekolah di Indonesia membantu melaksanakan perencanaan go green tersebut.

Di dalamnya termasuk teknologi berbasis ramah lingkungan saat ini bangga memperkenalkan asas yang sudah diaplikasikan sebagai green technology. Juga remaja Indonesia ikut menyemarakkan euforia go green dengan membentuk green community (komunitas hijau).

Go green adalah sebuah tindakan penyelamatan bumi yang saat ini sudah mengalami beberapa kerusakan disertai pemanasan global sebagai akibat dari ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Go green dikenal sebagai tindakan penghijauan.

BACA:  Yuk Cari Tahu tentang Sel Tumbuhan

Muncul karena pengaruh kemajuan zaman yang saat ini semakin banyak menggunakan produk – produk yang tidak ramah lingkungan dan bisa merusak alam serta lingkungan seperti banyaknya kendaraan bermotor, penggunaan kantong – kantong plastik, dll. 

Manfaat dari Go Green

Guna menyadarkan anda untuk bersedia turut serta menjaga dan melestarikan alam semesta beserta isinya dan bukan membiarkan generasi muda merusaknya maka sebelumnya  anda  perlu mengenal manfaat dari go green antara lain sebagai berikut :

1/Penghijauan yang berunsur berupa tanaman hijau ini berfungsi sebagai paru – paru dunia (kota). Yang mana melalui proses fotosintesis, tumbuhan hijau akan mengumpulkan CO2 (karbondioksida) dan selanjutnya akan menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat diperlukan oleh manusia.

2/Sebagai media pengatur lingkungan (mikro), vegetasi akan memunculkan hawa lingkungan setempat menjadi nyaman yaitu sejuk dan segar.

3/Akar – akar tanaman memiliki kemampuan besar untuk menyerap air hujan dan kuat menahan tanah agar tidak terjadi longsor. Penghijauan memberikan lingkungan bersih dan sehat.

4/Penghijauan akan memberikan perlindungan (protektif) terhadap kondisi fisik alami di sekitarnya seperti angin kencang, terik matahari, gas atau debu yang banyak ada di udara.

BACA:  Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

5/Penghijauan mampu berfungsi untuk memperindah lingkungan sekitar.

6/Penghijauan ibarat pencipta lingkungan hidup (ekologis) serta sebagai media penyeimbang alam (adaptasi) yang merupakan pembentuk tempat untuk melangsungkan kehidupan terhadap alam bagi satwa yang berada di dalamnya.

7/Cara untuk melakukan penghijauan sangat mudah yaitu penghijauan bisa dilakukan mulai dari lingkungan sendiri seperti di halaman rumah atau lahan – lahan kosong yang ada di sekitar rumah.

8/Penghijauan tidak membutuhkan biaya besar, bisa dimulai dari menanam biji buah – buahan yang hasilnya nanti bisa dinikmati bersama ataupun dengan tanaman hias murah namun mampu tampil indah dan menghijau. 

Langkah Nyata Menuju Go Green

Di bawah ini kami berikan beberapa langkah nyata yang bisa diaplikasikan untuk melakukan “go green” yaitu sebagai berikut :

  • Memilah – milah sampah sebagai bahan daur ulang yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi hal – hal yang berguna untuk manusia.
  • Dianjurkan untuk menggunakan transportasi massal seperti busway, bus, atau angkot.
  • Menghemat pemakaian listrik seefisien mungkin.
  • Disiplin dengan menanam minimal satu pohon untuk masing – masing orang seperti di Jepang.
  • Seperlunya saja menggunakan air bersih.
  • Tidak membuang sampah sembarangan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian, tujuan, manfaat dan langkah nyata untuk go green. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.