Sikap Saling Menghargai Sesama Manusia

Di dalam suatu kehidupan yang harmonis tentunya kita sangat ingin dihargai oleh rekan – rekan kita. Baik itu di lingkungan tempat kita tinggal (rumah), sekolah, kampus, ataupun di kantor.

Menghargai dalam hal ini mengandung arti bermacam – macam dan sangat luas diantaranya adalah memberi, menentukan, menilai, menghargai, memandang penting (bermanfaat, berguna), atau menghormati.

Menghargai erat hubungannya dengan karya orang lain adalah hasil perbuatan manusia seperti karyaseni, karya budaya, cipta lagu, mesin, atau sesuatu produk yang bermanfaat atau berguna untuk orang lain.

Terhadap hasil karya orang lain wajib untuk dihargai karena ini menjadi salah satu usaha kita dalam membina keharmonisan dan kerukunan hidup diantara manusia sehingga terwujud sebuah sikap dalam suatu kehidupan bermasyarakat yang oaring – orang di dalamnya hidup rukun saling menghormati dan menghargai.

 

Ini termasuk bagaimana cara – cara terpuji dalam menumbuhkan sikap saling menghargai hasil karya orang lain adalah menjadi landasan sikap yang terpuji. Karena bisa menjadi cerminan dari pribadi sang pencipta sebagai manusia yang patut untuk diharga.

Bagaimana Menghargai Orang Lain?

Apakah anda menyadari bahwa orang lain akan lebih menghargai orang yang menghargai mereka ? Maka dari itu sebelum anda menuntut orang lain menghargai kita, kita perlu terlebih dahulu menghargai mereka.

BACA:  Mengenal Apa Itu Keberagaman, Penyebab dan Bagaimana Memaknainya

Kuncinya adalah membuat orang lain merasa penting dan berharga.

Langkah 1 : fokus kepada kelebihan

Seringkali dijumpai kasus dimana kita lebih fokus pada kesalahan – kesalahan dan kekurangan orang lain. Hal inilah yang menyebabkan kita sulit sekali untuk menghargai mereka.

Sebaliknya karena kita selalu memperhatikan kekuarangan orang lain maka orang lain pun menjadi enggan berinteraksi dan bekerja sama dengan kita karena mereka merasa khawatir jika selalu ada rasa malu dan dipermalukan.

Yang perlu kita ubah lalu beri perhatian lebih adalah fokus kita yaitu coba berikan perhatian fokus kepada kelebihan – kelebihan orang lain maka kita akan mendapatkan hasil yang luar biasa menyenangkan.

Langkah 2 : bangun sebuah hubungan yang saling mempercayai satu dengan yang lainnya

Hukum timbal balik tetap berlaku dalam kehidupan ini. Jika kita tidak bisa mempercayai orang lain maka mereka pun tidak akan mempercayai kita.

Sebaliknya, jika kita mempercayai orang lain maka orang lain akan bersedia mempercayai kita. Adalah sebuah kerjasama bisnis yang pada dasarnya harus dibangun atas dasar kepercayaan.

Langkah 3 : kenali orang – orang sekitar kita

BACA:  Hubungan Antara Panitia Perancang UUD dengan Panitia Kecil Perancang UUD

Setiap hari kita berinteraksi dengan orang lain di sekitar kita. Orang – orang di sekitar kita adalah yang paling sering melakukan hubungan dengan kita merupakan mereka yang berada di sekitar kita seperti keluarga, tetangga, dan rekan – rekan sekerja.

Nah agar hubungan tersebut berjalan dengan baik maka kenalilah orang – orang di sekitar kita tersebut. Perhatikan bahwa kita mempunyai persamaan dan perbedaan dengan mereka. Ini akan menjadi lebih mudah bagi kita untuk saling bekerja sama dengan satu dan yang lainnya dan saling menghargai mereka.

Mengapa Harus Menghargai Orang Lain?

Kita hidup wajib untuk saling berinteraksi dengan orang lain. Lalu bagaimana cara kita untuk membina sebuah hubungan yang baik dengan orang lain agar hidup kita menjadi lebih nyaman dan menyenangkan ?

  • Saling menguatkan.
  • Saling mengisi.
  • Saling menguntungkan.
  • Saling membutuhkan.

Manfaat yang kita peroleh jika dapat saling menghargai orang lain adalah orang lain pun akan menghargai diri kita. Selanjutnya orang lain akan respect terhadap kita dan berniat mengenal baik kita. Dari sinilah kita bisa menjalin sebuah hubungan silaturahmi atau pertemanan dengan baik.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang sikap saling menghargai sesama manusia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.