Faktor Penyebab Munculnya Kriminalitas

Tindak kriminalitas adalah suatu tindak kejahatan yang pada prinsipnya adalah melanggar nilai – nilai dan norma – norma hukum yang berlaku pada suatu masyarakat disertai perilaku yang dapat meresahkan dan merugikan beberapa pihak baik itu terhadap dirinya sendiri sebagai pelaku utama maupun terhadap orang lain yang menjadi sasaran korban.

Kriminalitas adalah suatu perilaku anti sosial atau sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok individu / komunitas tertentu secara sadar dan tidak sadar.

Menurut Sahetapy dan Reksodipuro menjelaskan tentang makna kriminalitas adalah sebuah bentuk kejahatan yang perbuatannya mesti diberi sanksi berupa tindak pidana atau hukuman dan dilarang oleh msayarakat karena tindak kejahatan yang dilakukan melanggar norma – norma yang sudah disepakati oleh masyarakat dalam menjaga keharmonisan keperluan hidup sehari – hari.

Penyebab Munculnya Kriminalitas

Di bawah ini kami berikan beberapa penyebab munculnya kriminalitas antara lain sebagai berikut :

Kondisi sosial

 

Adanya kondisi sosial yang beragam bisa memicu terjadinya kriminalitas karena salah satu faktor terbesar adalah adanya pengangguran dalam jumlah tinggi dan kemiskinan dimana – mana yang menyebabkan seseorang mudah melakukan suatu tindakan kriminal untuk menyambung hidupnya.

Kesenjangan Sosial

Yang dimaksud dengan kesenjangan sosial adalah salah satu penyebab terbesar munculnya tindakan kriminalitas dimana – mana.

BACA:  Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya

Karena adanya perbedaan tingkatan sosial di masyarakat inilah yang menjadi penyebab adanya perbedaan sudut pandang dan perlakuan terhadap subjek dan objek tertentu.

Meningkatnya Jumlah Kepadatan Penduduk

Adanya urbanisasi (perpindahan penduduk) akan menyebabkan jumlah penduduk menjadi mudah meningkat serta menyebabkan munculnya persaingan yang semakin tinggi.

Yang mempunyai kecenderungan untuk bisa sukses adalah mereka yang kreatif, inovatif, dan mampu memanfaatkan beragam peluang. Inilah yang menjadi penutup peluang individu meraih keberhasilan karena tidak mempunyai keahlian dan pendidikan tinggi.

Dendam Pribadi

Dendam pribadi bermula dari adanya tindakan kejengkelan atau kemarahan yang dipendam. Ada banyak sekali kasus yang memiliki motif berupa tindakan sebagai aksi balas dendam.

Kejahatan jenis ini cenderung sadis dan pastinya bisa memakan korban. Aksi balas dendam adalah hanya untuk melampiaskan amarah yang tersembunyi karena adanya emosi yang besar.

Faktor – Faktor Ekonomi

Bidang ekonomi merupakan salah satu faktor yang menjadi pemicu munculnya tindakan – tindakan kriminal. Masyarakat di suatu tempat yang rata – rata lemah akan cenderung mudah terlibat dalam tindakan kejahatan. Seperti dari hal – hal kecil yaitu pencurian, pencopetan, penjambretan hingga perampokan.

Motif yang melatarbelakangi adalah masalah ekonomi. Dimana dengan semakin meningkatnya kebutuhan ekonomi yang besar maka akan semakin banyak muncul pelaku – pelaku kejahatan demi untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

BACA:  Pengertian, Bentuk dan Contoh Mobilitas Sosial

Adanya Asimilasi Budaya

Seperti diketahui bahwa budaya adalah bagian dari identitas suatu bangsa. Sebagai bangsa yang besar, pastilah akan mengenal budaya ketimuran terutama pada negara – negara yang mayoritas penduduknya adalah warga Muslim yang memiliki banyak aturan dan tata karma atau adat istiadat yang sangat melekat.

Tetapi dengan masuknya budaya barat yang revolusioner saat ini menyebabkan tindak kejahatan seperti pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap kaum wanita semakin meningkat tajam. Budaya yang dimaksudkan terlihat dari gaya berpakaian yang serba minim ala kebarat – baratan yang cenderung terbuka.

Adanya Pengangguran Yang Meningkat Tajam

Jumlah pengangguran yang meningkat tajam diduga menjadi salah satu penyebab adanya angka kriminalitas yang cukup tinggi ke masa depan.

Seseorang yang menganggur masih memerlukan dana untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun pada sisi lain mereka tidak mempunyai penghasilan sebagai salah satu sumber pendapatan.

Maka tidak ada pilihan lain selain bertindak kejahatan yang dianggap sebagai cara instan untuk memperoleh uang.

Gengsi Tinggi

Adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat saat ini menyebabkan sebagian orang kesulitan untuk mengikutinya.

Namun sebagin lagi berusaha mengikuti perkembangan zaman ini tanpa melihat kemampuan diri sendiri guna mencapai keinginannya tersebut.

Inilah yang menjadi pendorong dan penyebab mereka melakukan tindakan kriminalitas untuk gengsi karena ingin mengikuti perkembangan zaman seperti nekat merampok, mencuri, menjambret atau yang lainnya.