Mengenal Beberapa Tarian Daerah Tradisional dari Indonesia

Seperti diketahui bahwa negara Indonesia adalah salah satu negara yang terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil tersebar di dalam satu area / wilayah negara Republik Indonesia di dunia.

Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara diapit oleh 2 benua yaitu benua Asia dan Australia. Juga diberikan keberuntungan karena dilalui oleh garis khatulistiwa.

Pada awal tahun 2000 yang lalu Indonesia memiliki sejumlah populasi jiwa yaitu tercatat sekitar 237 jiwa yang sebagian besar adalah penduduk menganut ajaran agama Islam dan agama – agama lainnya dimana penduduk Muslim adalah yang terbesar.

Selain agama – agama besar yang dianut oleh penduduk di dalamnya, negara Indonesia juga mengenal beberapa tari – tarian daerah tradisional khas Indonesia yang bisa berfungsi untuk memperkaya khasanah adat dan budaya beberapa suku di dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

 

Di bawah ini kami berikan beberapa nama tarian daerah tradisional dari Indonesia.

Tari tradisional Seudati dari Aceh

Tari tradisional daerah Aceh ini adalah salah satu jenis tari daerah tradisional yang asalnya dari Aceh dimana pada awal diciptakan tarian ini adalah menyerupai tarian tradisional dari negara Arab yang sangat kental akan latar belakang agama Islam.

Selanjutnya tarian tradisional ini mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia sehingga menjadi populer hingga ke mancanegara dan disukai oleh orang – orang dari Aceh maupun luar Aceh.

Di dalamnya mengemas kombinasi tarian yang menonjolkan gerakan – gerakan dinamis dipadukan dengan keseimbangan atmosfer alam Aceh yang sangat kental akan nuansa religius. 

Tari tradisional Kecak dari Pulau Bali

Yang dimaksud dengan tarian Kecak adalah salah satu tari daerah tradisional yang sangat populer di Pulau Dewata di Bali hingga mancanegara banyak turis asing memfavoritkan tarian ini sebagai salah satu objek wisata Pulau Bali yang sangat unik.

BACA:  Produk Kerajinan dari Bahan Keras

Di dalamnya mengisahkan tentang tokoh – tokoh pewayangan dari pasukan tentara kera dan tokoh Hanoman yang diambil dari kisah cerita kuno Ramayana.

Tarian ini khusus digelar ketika matahari akan terbenam yang bertujuan untuk menonjolkan perasaan – perasaan eksotis yang menyatu dengan suasana alam Pulau Bali nan menawan dan sangat alami (indah). Tari Kecak merupakan salah satu budaya Bali di Indonesia yang sukses populer di dunia.

Tari tradisional Andun dari Bengkulu

Tari tradisional ini biasanya digelar ketika ada upacara adat pernikahan, atau akan melakukan pertempuran pada zaman dahulu dan acara – acara tradisional yang lainnya.

Untuk pesta pernikahan, tarian ini berfungsi untuk menyambut kedatangan rombongan pengantin wanita. Namun saat ini tarian tradisional Andun sudah banyak mengalami modifikasi dengan diiringi oleh pertunjukan musik dan dibawakan oleh kalangan anak – anak muda.

Musik yang dipakai umumnya adalah alat musik tradisional seperti redap dan kolintang. Meskipun termasuk jenis tari tradisional hiburan, tidak sembarangan orang diperbolehkan membawakan tarian ini karena ada beberapa kriteria tertentu yang wajib diaplikasikan.

Contohnya adalah untuk acara – acara tradisional saat menari berpasangan dipilihlah penari yang masih lajang / belum menikah dan tidak terikat oleh hubungan darah / kerabat. Jika melanggar maka akan ada hukum adat.

Tari tradisional Topeng Betawi

Tari ini adalah salah satu tarian tradisional dari Betawi di Jakarta yang mengaplikasikan topeng keras untuk menonjolkan ciri khas tarian.

Merupakan perpaduan atau kombinasi antara nyanyian, musik dan gerakan – gerakan tarian. Sekilas pandang menyerupai pertunjukan opera atau teater dimana para penari akan melakukan gerakan – gerakan tarian dengan diiringi oleh musik dan nyanyian.

Topeng Betawi memiliki sifat teatrikal dan komunikatif yang digambarkan melalui gerakan – gerakan luwes seperti irama musik dan nyanyian yang mengiringi.

Pada awal diciptakan hanya dilakukan oleh para seniman saja. Mereka memainkan tarian ini ketika diundang sebagai media untuk menghibur dalam acara – acara seperti pernikahan, sunat, dan lain sebagainya.

BACA:  Gerak Tari Mappadendang

Kepercayaan warga Betawi menjelaskan bahwa tarian ini berfungsi untuk menjauhkan diri warga sekitar dari bencana / wabah penyakit.

Seiring dengan perkembangan zaman ke masa depan, kepercayaan terhadap visi dan misi tarian ini mulai memudar sehingga selanjutnya hanya menonjolkan sisi menghibur saja.

Tari tradisional Sekapur Sirih dari Jambi

Tarian ini memiliki fungsi sebagai media penyambutan selamat datang kepada tamu – tamu besar di Jambi, Kepulauan Riau, Provinsi Riau.

Tarian ini sangat populer di mancanegara karena menonjolkan gerakan – gerakan tarian yang lembut dan halus berpadu dengan iringan musik disertai puisi – puisi pantun ditujukan kepada para tamu.

Para pemain rata – rata memiliki seraut wajah polos dan berkulit putih bersih yang mengartikan keramahan untuk para tamu terhormat. Ini melukiskan perasaan hati yang tulus dan putih dalam menyambut tamu yang diundang.

Pada umumnya dibawakan oleh 9 penari perempuan, 3 penari laki – laki, 1 penari bertugas membawa payung dan 2 lainnya sebagai penjaga.

Pengertian Tari Tradisional Daerah

Erat hubungannya dengan pengertian yang dimaksudkan terhadap tari tradisional maka tari disini merupakan bentuk kesenian yang mempunyai media pengungkapan atau bersifat substansi terhadap ruang gerak yang berbentuk dan bersifat ekspresif karena menonjolkan gerakan – gerakan indah yang diharapkan mampu mempengaruhi perasaan manusia yang melihatnya.

Sedangkan yang dimaksud dengan tradisional dalam hal ini adalah merupakan sebuah adat kebiasaan yang memiliki sifat turun – temurun dan dilakukan berulang – ulang kali dari satu generasi ke generasi selanjutnya yang di dalamnya menyelipkan nilai – nilai dan norma yang bersifat mengikat bagi warga masyarakat sebagai asal tarian tersebut diciptakan.

Nah uraian tersebut di atas dapatlah ditarik sebuah kesimpulan bahwa tarian tradisional merupakan salah satu jenis tarian yang tumbuh dan mengalami perkembangan cukup pesat dalam suatu tempat / komunitas atau daerah yang diharapkan mampu menciptakan suatu identitas budaya terhadap masyarakat di dalamnya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang mengenal beberapa tarian daerah tradisional dari Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.