Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Pangan

Banyak ditemukan beberapa jenis tanaman pangan yang beragam di Indonesia diantaranya adalah kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, ubi jalar, singkong, sorgum, jagung dan padi.

Tanaman pangan tersebut selanjutnya dapat dikelompokkan berdasarkan atas umurnya seperti tanaman semusim dan tanaman tahunan.

Tanaman semusim adalah jenis tanaman yang memiliki masa panen selama setahun musim tanam yaitu diantara 2 s/d 4 bulan contohnya adalah jagung dan kedelai atau rata – rata sekitar 6 s/d 8 tahun misalnya tanaman singkong.

Tanaman tahunan merupakan kelompok tanaman yang memiliki sifat berkesinambungan tumbuh setelah selesai melakukan proses reproduksi atau siklus hidup sekitar jangka waktu 2 tahun contohnya adalah tumbuhan sukun dan sagu.

 

Tanaman pangan dikenal juga memiliki 3 jenis kelompok yaitu umbi – umbian, kacang – kacangan dan serealia.

Serelia adalah yang menghasilkan biji berupa produk hasil budidaya dan umbi – umbian yang menghasilkan umbi batang dan akar sebagai hasil dari produknya masing – masing.

1. Jagung

Jagung mempunyai ciri khusus yaitu menyimpan batang tunggal dengan kondisi struktur yang berbuku dan beruas, dimana daun jagung akan tumbuh pada masing – masing buku di sekitar batang, mempunyai bunga berjenis kelamin jantan dan betina yang letaknya terpisah diantara pohon yang sama.

Untuk jenis bunga jantan berada pada bagian ujung batang dan bunga betina terletak di bagian tengah batang.

Jagung dapat ditanam pada lahan yang kering atau lahan sawah setelah usai panen padi yang selanjutnya diperbanyak dengan memanfaatkan biji – bijinya.

BACA:  Jaringan Permanen Pada Tanaman

Usia tanaman jagung sampai siap panen kisaran antara 3 s/d 4 bulan dengan bagian yanaman utama yang dapat dimakan adalah bijinya. 

2. Padi

Tanaman padi mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai batang yang berkuku dan berongga. Sedangkan daun dan anakannya tumbuh subur dari buku – buku yang terdapat di sekitar batang. Selanjutnya jika sudah musim akan keluar bunga atau malai dari buku terakhir.

Untuk bulir atau biji padi mengelilingi malai yang terdapat pada anakan. Tanaman pangan padi dikembangbiakkan dengan menggunakan biji.

Adapun kelompok tanaman padi ini terbagi ke dalam 3 grup yaitu padi rawa, padi gogo, dan padi sawah. Masing – masing usia padi yang siap panen berkisar antara 3 s/d 4 bulan sedangkan bagian yang dimakan adalah bijinya.

3. Sorgum

Sorgum memiliki ciri spesifik yaitu mempunyai bentuk menyerupai dengan tanaman jagung. Terdiri dari batang yang berbuku – buku, bunga sorgum disusun dalam malai yang terletak di ujung batang.

Menyimpan anakan yang dapat dikembangbiakkan melalui biji, bisa dengan mudah ditanam pada lahan – lahan subur maupun yang kurang subur atau dikenal dengan istilah lahan marjinal karena akan memberikan daya adaptasi yang sangat besar.

Sorgum memasuki usia panen ketika mulai berumur antara 3 s/d 4 bulan tergantung dari varietasnya masing – masing dan bagian tanaman yang dimakan adalah bijinya.

4. Kacang Kedelai

Tanaman kacang kedelai mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai tinggi pohon antara 40 s/d 90 cm, merupakan tipe tipe tanaman semusim.

BACA:  Struktur dan Fungsi Tubuh Protista

Kacang kedelai mempunyai daun tunggal yang bersifat bertiga (trifolieta) yang mana daun dan buah yang muncul berbulu.

Kedelai memiliki umur antara 72 s/d 90 hari atau 2 s/d 3 bulan tergantung dari varietas polong kedelai yang saat memasuki usia kematangan buah bisa ditandai dengan kondisi kulit polong yang memiliki warna cokelat dan dikembangbiakkan melalui biji.

Bagian yang bisa dimakan adalah biji kedelainya. Berdasarkan warna bijinya, kacang kedelai dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain kedelai kuning, kedelai hijau, kedelai hijau kekuningan, kedelai cokelat dan kedelai hitam.

Tanaman ini bisa dikembangbiakkan pada lahan – lahan kering atau lahan sawah setelah usai panen padi.

Varietas Tanaman Pangan

Berdasarkan atas ketinggian wilayah tanam, tanaman pangan bisa dibudidayakan terhadap beragam jenis lahan dari daratan rendah hingga daratan tinggi.

Ada salah satu usaha yang ditempuh bertujuan untuk mencapai hasil yang optimal berhubungan dengan pembudidayaan tanaman ini yaitu dengan mengembangkan varietas yang sesuai dengan masing – masing budidaya.

Berikut adalah beberapa varietas tanaman pangan antara lain sebagai berikut :

  • Varietas padi sawah.
  • Varietas padi gogo / pada lahan kering.
  • Varietas padi rawa.
  • Varietas jagung.
  • Varietas kedelai.
  • Varietas kacang tanah.
  • Varietas kacang hijau.
  • Varietas ubi kayu / singkong.
  • Varietas ubi jalar.
  • Varietas sorgum.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat mengenai materi tentang tanaman pangan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.