7 Tanaman Langka yang Perlu Dilestarikan

Apakah anda mengetahui bahwa Tuhan adalah sang pencipta mahluk – mahluk yang memiliki keberagaman jenis baik itu pada manusia, binatang dan tanaman.

Ternyata di dunia ini banyak ditemukan tumbuh – tumbuhan langka yang sifatnya khas. Tanaman langka ini masing – masing memiliki ciri khas yang unik dan tidak dapat hidup di sembarang tempat.

Itulah yang menyebabkan tanaman ini dimasukkan ke dalam kelompok tumbuhan langka. Apa sajakah tanaman langka yang ada di dunia ini dan sangat perlu dilestarikan keberadaannya?

1. Welwitschia Mirabilis

Tanaman ini adalah termasuk ke dalam salah satu tumbuhan paling kuat di dunia. Rata – rata saat memasuki usia dewasa tanaman ini hanya menyimpan 2 daun saja dengan bentuk yang sangat sederhana.

 

Tumbuhan ini mampu bertahan hidup selama 5 tahun tanpa terkena air atau guyuran hujan bahkan pada zaman dahulu dikenal sebagai tanaman berusia panjang bisa mencapai umur 400 tahun atau 1,5 abad.

Tanaman langka welwitschia mirabilis sudah dikenal sejak zaman purba dan saat ini tumbuh dengan subur di daerah sepanjang pesisir pantai Samudera Atlantik di Angola Selatan dan Namibia.

Memiliki keunikan khusus yaitu mampu tumbuh di daerah gurun pasir yang mempunyai daun lebar dan panjang. Dua daun inilah yang akan terus tumbuh dan memanjang hingga sepanjang hidupnya.

2. Rafflesia Arnoldi

Sekilas pandang bunga dari tanaman ini hampir sama dengan bunga bangkai yaitu sama – sama mengeluarkan aroma busuk namun yang sebenarnya keduanya berasal dari jenis yang berbeda – beda.

Rafflesia Arnoldi memiliki kebiasaan tumbuh melebar ke arah samping sedangkan bunga bangkai memiliki kecenderungan tumbuh menjulang tinggi ke arah atas.

Ketika memasuki musim bunga sedang bermekaran, bisa memiliki diameter mencapai 1 meter dengan berat rata – rata 10 Kg. Bunga akan tumbuh selama 9 bulan yang hanya akan mekar selama 7 hari sebelum memasuki masa layu lalu mati.

BACA:  Pembuatan Makanan pada Tumbuhan Hijau

Tanaman langka ini tumbuh dengan subur di Taman Nasional Kerinci, Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Bengkulu.

3. Amorphophallus Titanium

Seperti tanaman rafflesia arnoldi tersebut di atas, banyak orang berpikir bahwa tanaman ini sama dengan bunga bangkai karena keduanya mengeluarkan bau tidak sedap. Tetapi setelah diteliti lebih lanjut ternyata keduanya memiliki banyak perbedaan.

Begitu pula dengan tanaman bunga amorphophallus titanium ini. Bunga bangkai yang satu ini memiliki warna – warna cantik saat sedang musim bunga yaitu krem pada bagian luar dan bagian yang menjulang ke arah atas. Sedangkan mahkota utama memiliki warna merah keunguan.

Bentuk bunga menyerupai bunga terompet yang pertumbuhannya terfokus menjulang tinggi. Ketinggiannya bisa mencapai rata – rata 4 M dengan diameter sekitar 1,5 M.

Bunga ini hanya akan mekar selama 7 hari untuk selanjutnya mati dan akan tumbuh bibit baru lagi. Bunga bangkai ini memiliki masa berbunga sekitar 5 tahun sekali.

4. Euphorbia Obesa

Tanaman jenis ini termasuk ke dalam salah satu tanaman endemik yang berasal dari daerah gurun pasir Karoo di Afrika. Bentuk bunganya menyerupai bola – bola yang banyak disukai oleh pecinta tanaman hias.

Sehingga saat ini keberadaannya sudah hampir punah. Sehingga pemerintah Afrika Selatan mengumumkan dan menetapkan bunga yang satu ini sebagai salah satu spesies langka yang dilindungi.

5. Santalum Album

Cendana atau santalum album adalah salah satu jenis tanaman yang banyak menyimpan kegunaan di Indonesia. Kayu cendana berusia tua bisa diolah untuk dijadikan sebagai rempah – rempah, parfum, dupa hingga sangkur keris.

Bau harum dari kayu cendana mampu bertahan hingga ratusan tahun! Nah karena banyaknya tanaman ini memiliki manfaat tak mengherankan apabila pohon cendana menjadi sangat populer di Indonesia.

Namun tanaman ini termasuk salah satu tumbuhan yang sulit untuk dibudidayakan sehingga ke masa depan keberadaannya semakin sedikit dan menjadi terancam punah.

Bibit cendana selanjutnya akan menjadi tumbuhan parasit yang hidupnya mengandalkan tempelan pada batang tanaman lainnya karena yang sebenarnya tumbuhan ini sulit untuk hidup sendiri.

BACA:  Materi tentang Mekanisme Adaptasi Pada Hewan

Setelah tanaman berukuran besar maka barulah mereka akan tumbuh secara mandiri di tanah yang berdekatan. Maka dari itu tumbuhan yang satu ini sangat sulit untuk dibudidayakan yang menyebabkan populasinya menjadi semakin berkurang.

6. Anaphalis Javanica

Tanaman ini terkenal dengan julukan edelweiss Jawa atau bunga senduro adalah tumbuhan langka yang keberadaannya di Indonesia sudah semakin punah.

Tumbuh subur di daerah puncak gunung / bukit yang berhawa sangat dingin. Saat ini kondisi tanaman ini sangat kritis karena seringnya terjadi erupsi gunung berapi.

Keunggulan tanaman langka yang satu ini adalah tetap segar setelah dipetik yang menyebabkan para pendaki suka membawa bunga ini sebagai kenang – kenangan atau oleh – oleh pendakian.

Bunga edelweiss Jawa adalah bunga abadi yang memiliki masa mekar sekitar bulan April s/d Agustus. Mampu bertahan hidup hingga 100 tahun dengan pertumbuhan batang rata – rata mencapai ukuran 8 M.

Ditemukan sekitar 300 jenis serangga yang menggantungkan hidupnya dengan menghisap sari bunga ini.

7. Adansonia sp

Genus adansonia dikenal dengan nama baobab atau pohon botol yang terdiri dari delapan spesies pohon yang aslinya berasal dari Madagaskar, daratan Afrika dan Australia.

Saat memasuki usia dewasa tanaman pohon ini mampu mencapai ketinggian antara 5 s/d 25 M. Tanaman ini mampu menahan air sebagai cadangan di musim kemarau pada batang uniknya hingga mencapai kapasitas rata – rata 120.000 liter dengan fungsi bertahan hidup terhadap kondisi alam di sekitarnya.

Karena alasan inilah pohon ini disebut dengan nama pohon botol. Di Afrika, pohon ini diberi julukan sebagai pohon kehidupan yang memiliki kemampuan bertahan hidup hingga 1.000 tahun dan banyak mempunyai manfaat seperti untuk obat – obatan, serat dan cadangan air.

Namun saat ini 9 dari 13 pohon baobab tertua mati dalam 12 tahun terakhir ini karena banyak faktor seperti adanya perubahan iklim.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang beberapa jenis tanaman langka yang perlu dilestarikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

 

Topik Lainnya

)Penyiapan teks (2) penyediaan bahan-bahan pemamndu penyuntingan (3) mencermati bahan suntingan secara cermat (4) memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam bahan suntingan secara benar dengan berpedoman pada sumber yang dapat dipercaya”Pernyataan di atas , objek yang di amatidalam pembuatan teks laporanhasilobserpasiharus, tujuan pembelajaran mengidentifikasi alur cerita babak demi babak dan konflik dalam drama yang ditonton, kegiatan inti dalam mendemonstrasikan puisi, analisis kaidah kebahasaan cerpej robohnya surau kami