Apa itu Pembangunan Sosial Budaya? Apa Tujuan Pembangunan Sosial Budaya?

Secara garis besar didefinisikan bahwa suku kata sosial adalah merupakan rangkaian sebuah proses atau cara masing – masing individu dalam melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya guna saling menjalin sebuah hubungan.

Sedangkan menurut KBBI menjelaskan bahwa budaya adalah hal – hal yang berhubungan dengan akal budi, pikiran, dan adat – istiadat.

Maka dari itu budaya dalam hal ini bisa diartikan sebagai sebuah tata cara kehidupan yang mengalami perkembangan dan dimiliki secara bersama – sama oleh suatu kelompok tertentu atau masyarakat.

Budaya pada umumnya diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya yang satu dengan lainnya saling berhubungan dan membentuk pola tingkah laku dan pola pikir atau gagasan tertentu di dalam pikiran manusia.

 

Pembangunan yang berhubungan dengan penjelasan tersebut di atas bisa diartikan sebagai sebuah proses terhadap perubahan yang dilakukan pada berbagai bidang kehidupan seperti bidang – bidang politik, ekonomi, pendidikan, infrastruktur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makna yang terkandung di dalam pembangunan wajib untuk dipahami sebagai sebuah usaha untuk melakukan pertumbuhan dan perubahan yang membutuhkan sebuah rencana guna menuju kepada kehidupan yang lebih baik oleh suatu bangsa / negara, pemerintah dan masyarakat.

Nah dari pengertian yang sudah diberikan tersebut di atas bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa pembangunan yang berhubungan dengan sosial budaya merupakan rangkaian suatu proses yang membahas hal – hal berhubungan terhadap adanya perubahan di dalam bidang tertentu yang terkait dengan masalah sosial budaya sudah direncanakan / dilakukan guna dapat menaikkan tingkat kualitas hidup dan kesejahteraan di dalam kehidupan masyarakat tertentu.

Pembangunan sosial budaya ini tidak dapat dilepaskan begitu saja dari proses pembangunan di bidang ekonomi karena keduanya sama – sama saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

Di samping itu pembangunan sosial budaya merupakan prioritas pembangunan nasional yang terjadi pada masing – masing negara dan dilakukan melalui pembangunan pada bidang – bidang pendidikan, agama, dan sosial buadaya.

Tujuan Pembangunan Sosial Budaya dan Arah Kebijakan

Perubahan sosial yang terjadi rata – rata berdampak positif dan negatif namun serangkaian proses pembangunan pastilah mempunyai dampak atau tujuan yang cenderung positif terhadap kehidupan masyarakat di dalamnya termasuk di dalam pembangunan sosial budaya.

BACA:  Pelestarian Kebudayaan Daerah di Indonesia

Adapun tujuan pembangunan sosial budaya yang utama adalah untuk mewujudkan sebuah kesejahteraan masyarakat dimana ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup yang layak dan bermartabat dalam suatu masyarakat.

Ini akan disertai dengan adanya peningkatan perhatian di dalam pemenuhan kebutuhan dasar yang dilakukan oleh masing – masing warga masyarakat.

Demi untuk pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan maka pembangunan sosial budaya mempunyai beberapa sasaran atau fokus pada beberapa bidang antara lain sebagai berikut :

  • Adanya peningkatan prestasi pada bidang yang berhubungan dengan kebudayaan dan olahraga.
  • Adanya peningkatan partisipasi secara aktif pada generasi muda.
  • Adanya peningkatan kedudukan dan peranan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan.
  • Adanya peningkatan usia untuk harapan kehidupan.
  • Adanya penurunan laju pertumbuhan penduduk guna mengurangi kepadatan penduduk yang berakibat terhadap munculnya masalah – masalah sosial dalam suatu masyarakat.
  • Adanya peningkatan terhadap ketahanan nasional termasuk ketahanan sosial dan budaya.

Guna mencapai beberapa tujuan dari pembangunan sosial budaya dan sasaran di dalamnya maka dibutuhkan arah kebijakan dan tujuan terhadap pembangunan sosial budaya itu sendiri.

Juga dibutuhkan adanya program – program terencana dibidang sosial dan budaya seperti bidang kesejahteraan sosial, kesehatan, kependudukan dan keluarga, peranan perempuan, kebudayaan dan bidang pemuda dan olahraga.

Pahamilah pengertian yang sudah kami berikan untuk selanjutnya membahas tentang tujuan pembangunan sosial budaya yang berhubungan dengan aspek apa saja terkait dalam bidang sosial budaya.

Aspek Sosial Budaya dalam Kehidupan Bermasyarakat

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa aspek sosial budaya di dalam kehidupan bermasyarakat suatu negara berhubungan dengan tujuan pembangunan sosial budaya itu sendiri.

Bidang Bahasa

Yang dimaksud dengan bahasa adalah salah satu identitas yang ditunjukkan terhadap suatu bangsa / negara yang memang diperlukan untuk dilestarikan dan dikembangkan. Mengapa dianggap demikian?

Karena bahasa memegang peranan yang sangat penting sebagai media pemersatu bangsa dan diwujudkan melalui proses komunikasi.

Di samping beberapa upaya untuk melestarikan bahas nasional juga dibutuhkan pengembangan bahasa yang dilakukan sehubungan dengan perkembangan zaman di era globalisasi seperti sekarang ini.

Pengembangan yang bisa dilakukan dapat berupa sekumpulan konsep yang dipinjam atau istilah – istilah lain dari beragam sumber seperti dari bahasa daerah dan bahasa asing.

Sehingga bahasa nasional bisa menjadi sebuah alat komunikasi yang sifatnya bisa lebih efektif terlebih di zaman yang semakin maju ini bahasa asing memang sangat dibutuhkan.

Bidang komunikasi sosial

Komunikasi dalam hal ini adalah menjadi salah satu aspek sosial yang sangat penting untuk diperhatikan dalam suatu masyarakat karena memegang salah satu syarat utama dalam bermasyarakat yaitu berhubungan dengan adanya interaksi atau terkait dengan hubungan diantara satu individu dengan individu lainnya di dalamnya.

BACA:  Seni Teater Tradisional Indonesia

Komunikasi merupakan suatu unsur terpenting guna pembangunan sosial budaya karena dengan dilengkapi oleh komunikasi maka tujuan atau maksud untuk menuju proses pembangunan bisa berlangsung dengan lancar diantara pemerintah dengan masyarakatnya ataupun antar masyarakat dengan individu di dalamnya.

Selanjutnya komunikasi sosial memiliki fungsi untuk melakukan hubungan yang harmonis dalam kehidupan masyarakat karena masing – masing individu pastilah memerlukan apa yang disebut dengan komunikasi sosial dengan lingkungan sekitarnya.

Kondisi inilah yang cenderung ditonjolkan karena pada dasarnya manusia adalah termasuk ke dalam kelompok mahkluk sosial. Komunikasi sosial diharapkan dapat membantu kelancaran jalannya proses sosialisasi disertai pengembangan terhadap kesejahteraan masyarakat.

Nilai – nilai dan norma yang berlaku

Di dalam suatu masyarakat tertentu selain berlaku adat – istiadat dan tradisi juga ada nilai – nilai dan norma yang wajib dipatuhi dalam menjalin suatu kehidupan bermasyarakat.

Pastilah nantinya akan ada perubahan sosial yang memiliki pengaruh besar terhadap semakin menurunnya nilai dan norma yang sedang berjalan dalam masyarakat karena adanya pengaruh budaya luar sehingga memungkinkan munculnya permasalahan sosial budaya dalam masyarakat tersebut.

Maka dari itu dibutuhkan sebuah pengembangan untuk nilai dan norma yang telah disesuaikan terhadap perkembangan yang ada tetapi tetap harus didasarkan kepada keyakinan adanya pembentukan nilai dan norma di dalam masyarakat tersebut.

Kebudayaan dan pariwisata atau permuseuman

Upaya keempat yang dilakukan adalah berhubungan dengan bidang kebudayaan dan pariwisata atau permuseuman merupakan hal – hal yang berkaitan dengan pengembangan kebebasan di dalam berkreasi berdasarkan pada etika, agama dan moral.

Terlebih lagi dengan adanya usaha untuk meningkatkan pelestarian terhadap bidang seni dan budaya tradisional termasuk melakukan pembinaan dan pengembangan museum – museum dan peninggalan sejarah yang berpotensi dalam pengembangan bidang pariwisata daerah bersangkutan.

Olahraga dan kepemudaan

Yang terkait dengan bidang olahraga dan kepemudaan adalah mengutamakan permasalahan yang sedang ada pada generasi muda sebagai generasi penerus.

Tujuan dilakukannya ini adalah untuk mencegah generasi muda dari masalah – masalah sosial seperti penyalahgunaan narkotika atau obat – obatan terlarang.

Juga disertai dengan upaya meningkatkan pembibitan dan pembinaan olahraga yang berprestasi melalui adanya peningkatan partisipasi dan kualitas terhadap lembaga – lembaga pendidikan olahraga.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang materi tentang pembangunan sosial budaya dan tujuannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.